Penerapan model pembelajaran CORE terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas XI MIPA MAN Model Palangka Raya pokok bahasan hukun gravitasi Newton Tahun Ajaran 2016/2017

Mariani, Mariani (2016) Penerapan model pembelajaran CORE terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas XI MIPA MAN Model Palangka Raya pokok bahasan hukun gravitasi Newton Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) Aktivitas belajar siswa (2) hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotorik siswa (3) ada atau tidak terdapat hubungan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika pokok bahasan hukum garvitasi newton menggunakan model pembelajaran CORE.

Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dan jenis penilitiannya menggunakan one shot pretest-posttest dalam mengumpulkan data. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan untuk aktivitas siswa dan hasil belajar psikomotorik siswa sedangkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan pemberian soal. Hasil analisis reliabilitas butir soal uji coba instrumen tes hasil belajar kognitif diperoleh sebesar 0,76 dengan kategori sangat kuat. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian yang digunakan adalah 38 orang untuk hasil belajar kognitif dan 20 sampel untuk aktivitas dan psikomotorik siswa pada kelas XI MIPA 1. Analisis data Aktivitas Belajar siswa, serta hasil belajar siswa pada kognitif dan psikomotorik menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan analisis Aktivitas Belajar didapat adanya peningkatan dilihat dari perbedaan rata-rata nilai skor Aktivitas setiap pertemuannya. Aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama adalah 52,57% dengan kategori kurang. Pada pertemuan kedua aktivias siswa mangalami peningkatan yaitu 86,91% dengan kategori sangat baik. Pertemuan ketiga aktivitas belajar siswa mengalami penurunan yaitu 72,57% dengan kategori cukup baik. Dengan rata-rata keseluruhan aktivitas belajar siswa ialah 70,69% dengan kategori cukup baik. (2) berdasarkan analisis hasil belajar pada ranah kognitif nilai rata-rata yang didapat siswa pada ranah kognitif mengalami peningkatan yaitu pretest sebesar 44,84 dan posttest sebesar 85,89. Hasil belajar Psikomotorik terdapat peningkatan dilihat dari setiap pertemuan dan posttest psikomotorik yang dilakukan dimana nilai yang didapat rata-ratanya pada pertemuan pertama adalah sebesar 1,58 dengan kategori kurang baik dan konversi nilai sebesar 52,5, pertemuan kedua adalah sebesar 3,57 dengan kategori baik dan konversi nilai sebesar 89,4 pertemuan ketiga adalah sebesar 2,6 dengan kategori cukup baik dan konversi nilai sebesar 86,7 (3) Analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Aktivitas Belajar dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotorik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan sig = 0,05 lebih kecil dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,049 untuk ranah kognitif. sedangkan pada ranah psikomotorik tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Aktivitas Belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan α = 0,05 lebih besar dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,051.

ABSTRACT

This research aimed to determine: (1) Student learning activities (2) the cognitive and psychomotor of student achievements (3) there was correlation between activity and student achievements on Newton’s Law Gravitation Topic in Physics learning using Core Learning Model.

This research used pre-experimental methods and types of research using one-shot pretest-posttest in collecting data. The instruments used were observation sheets of student activities and student learning results in the cognitive and psychomotor. Reliability analysis results of cognitive learning experiment worksheets acquired 0.76 with strong category. The research population was grade XI MIPA 1 Model Palangka Raya Academic Year 2016/2017 with sample of the research is 38 people to the cognitive learning and 20 samples for psychomotor activity and students in class XI MIPA 1. Data analysis of learning student activities, as well as student learning results on cognitive and psychomotor used SPSS 17.0 version for Windows.

The results showed that; (1) based on the learning activities analysis obtained an improvement from differences of average score activities in each meeting. Student activity in the first meeting was 52.57% with low category. At the second meeting of student activity has risen 86.91% with very good category. The third meeting of student activity decreased, namely 72.57% with medium category. With overall average of students’ learning activities were 70.69% with good enough category. (2) based on the analysis of learning outcomes in the cognitive domain average value obtained on the cognitive students has risen by 44.84 pretest and posttest at 85.89. Psychomotor learning outcomes are seen from the increase in meetings and posttest psychomotor performed where the value of the average obtained in the first meeting is of 1.58 with the unfavorable category and the conversion value of 52.5, the second meeting was at 3.57 by category good and conversion value of 89.4 was the third meeting of 2.6 with a category quite well and the conversion value of 86.7. (3) the hypothesis testing analysis showed that there was a positive and significant correlation between learning activities and students’ achievement on cognitive and psychomotor. It was proven by α = 0.05 was smaller than Sig. (2-tailed) of 0.023 for cognitive students’ achievement. While in the psychomotor students’ achievement showed that there was no positive and significant correlation between learning activities and students’ achievement, it was proven by α = 0,05 was greater than the value Sig. (2-tailed) of 0.051.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CORE; aktivitas belajar; hasil bealajar; Hukum Gravitasi Newton; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:28
Last Modified: 11 Aug 2017 07:28
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item View Item