Musthafa, Nurul (2016) Perbedaan penerapan metode iqro’ di TKQ/TPQ Al-Hakam dan TKQ/TPQ Nurul Hikmah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak NM.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV HASIL.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad Saw sebagai mukjizat dan salah satu rahmat yang tiada taranya bagi alam semesta. Allah menurunkan kitab-Nya yang kekal yaitu Al-Qur’an agar dibaca oleh lidah-lidah manusia, didengarkan oleh telinga mereka, dipelajari oleh mereka, diajarkan oleh mereka, dan menjadi ketenangan bagi hati mereka. Pada saat ini banyak dipinggir-pinggir masyarakat berdiri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sebagai tempat untuk membimbing dan membina santri-santrinya dalam mempelajari Al-Qur’an, diantara metode-metode yang sering digunakan ustadz-ustadzah dalam mengajarkan Al-Qur’an adalah metode Iqro’.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana penerapan metode Iqro’ di TKQ Al-Hakam Palangka Raya?Bagaimana penerapan metode Iqro’ diTKQ Nurul Hikmah Palangka Raya? dan Bagaimana perbedaan penerapan metode Iqro’ di TKQ Al-Hakam dan TKQ Nurul Hikmah Palangka Raya. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakankan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mengunakan empat tahapan analisis yaitu : Data Collection (pengumpulan data), Data Reduction (pengurangan data), Data Display (menampilkan data), dan Conslusin Data (menarik kesimpulan dari data yang diperoleh).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode Iqro di TKQ/TPQ Al-Hakam dalam proses pembelajaran hampir sama dengan TKQ/TPQ Nurul Hikmah Palangka Raya, yakni ustadz/ustadzah harus membagi waktu untuk klasikal dan privat pembagian tersebut bertujuan agar dalam proses pembelajaran waktu dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Penerapan yang digunakan pada TKQ/TPQ Nurul Hikmah dalam membaca Al-Qur’an adalah metode Iqro’mencontohkan cara melafalkan huruf hijaiyah, mencontohkan bacaan baik dilakukan olehustadz/ustadzah sendiri maupun menyuruh santriuntuk melafalkan bacaan. Metode Iqro’ merupakan cara pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan santri.Perbedaan dalam tenaga pengajarnya ustadz-ustadzah TKQ/TPQ Al-Hakam hanya berjumlah 11 orang sedangkan santri-santriwati yang diajarkan berjumlah 260 santri-santriwati. Sedangkan di TKQ/TPQ Nurul Hikmah santrinya 157 orang dan ustadz-ustadzahnya banyak sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan dengan efektif. Waktu masuk kelas dan pulangnya juga berbeda, di TKQ/TPQ Al-Hakam masuk pada pukul 13.00 Wib dan pulang pada pukul 16.00 Wib sedangkan di TKQ/TPQ Nurul Hikmah masuk pada pukul 14.00 Wib dan pulang pada pukul 16.00 Wib.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Iqro’; santri TK/TP Al Quran; ustadz-ustadzah TK/TPA; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 02:56 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:56 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/556 |
Actions (login required)
View Item |