Syamsul, Hadi (2015) Kinerja Guru dalam Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Negeri Model Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
File 1.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
File 2.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
File 3.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
File 4.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
File 5.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
File 6.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
File 7.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Guru memegang peranan signifikan dalam melahirkan satu generasi yang menentukan perjalanan manusia, profesionalisme guru menjadi keharusan bagi setiap guru, pembelajaran kehadiran guru disekolah sangat diperlukan dalam rangka membentuk peserta didik yang bertingkah laku baik dan meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini berangkat dari keprihatinan guru yang masih kurang disiplin, komitmen dan tanggung jawab guru dalam menjalankan tugas sehari-hari masih kurang menjadikan perhatian serius.
Rumusan Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kinerja Guru MAN Model Palangka Raya? (2( Faktor apa yang mendukung dan menghambat kinerja guru, beserta usaha Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MAN Model Palangka Raya?
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan kinerja Guru MAN Model Palangka Raya. (2( mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat kinerja guru, beserta usaha-usaha kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MAN Model Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan (field rseard) dengan menggunakan metode analisis diskriptif, tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan tehnik mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan (1) Kinerja guru MAN Model Palangka Raya dalam Melaksanakan Pembelajaran berjalan baik dan lancar tetapi masih perlu ditingkatkan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru menunjukkan hasil yang baik tetapi belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari penilaian yang dilakukan oleh guru lebih banyak terfokus pada tagihan penilaian kognitif, sedangkan penilaian afektif dan psimotorik kurang mendapatkan perhatian. Serta fokus guru hanya pada penilaian hasil belajar sedangkan penilaian proses masih perlu di perhatikan. (2) Faktor pendukung dan penghambat kinerja guru. (a) Faktor pendukung kinerja guru bisa dari dalam dan luar kepribadian guru. (b) Faktor penghambat kinerja guru segala sesuatu yang bisa menghambat kinerja guru, bisa dari dalam dan luar diri guru tersebut. (c)Usaha-usaha yang di lakukan guru dan kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, menambah ilmu pengetahuan Guru dengan melanjutkan kuliah S2 dan mengikuti berbagai pelatihan, seminar, diklat, dan lain-lain
English
Teachers hold important roles in bearing powerful generation who will develop the great humanity. Teachers are, then, required to have professional competence which is always needed to guide the students learning in order to improve their intellectual and emotional quotient. It is also to develop the quality of education. This study concerns with the teachers’ habit in terms of punctuality, commitment, and responsibility in completing their duties.
The problems formula of this study are (1) How is the teachers’ profession of MAN Model Palangka Raya, (2) What are the factors that support and obstruct the teacher’s profession, and the headmaster efforts in improving the teachers’ competence of MAN Model Palangka Raya.
This study is aimed at (1) describing the teachers’ profession of MAN Model Palangka Raya, (2) describing sustaining and withstand factors, and the headmaster efforts in improving the teachers’ competence.
This study employs qualitative method which applies descriptive analysis. In collecting data, the study uses observation, interview and documentation. Then, the data is analyzed by data reduction, data presentation, and drawing conclusion.
The result of the study shows that (1) professional competence of MAN Model Palangka Raya teachers are good; learning evaluation shows good result, however, the cognitive has better result than the affective and psychomotor one; teachers gives more focus on the final result, in spite of the process. (2) some strengths and drawbacks that influence teachers profession come from the inside and outside of the teachers themselves; the efforts taken in improving the teachers professions are done by continuing study in post graduate program, joining any kinds of trainings, seminars, short course, and related activities dealing with teachers professional development
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 22 Mar 2017 02:37 |
Last Modified: | 22 Mar 2017 02:37 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/446 |
Actions (login required)
View Item |