Penerapan Strategi Pembelajaran Elaborasiuntuk Mengetahui Peningkatan hasil belajar siswa pada materi fisika kelas VIII semester I di MTSN 1 Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2014-2015

Depi, Depi (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Elaborasiuntuk Mengetahui Peningkatan hasil belajar siswa pada materi fisika kelas VIII semester I di MTSN 1 Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2014-2015. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
BAB I DE.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II DE.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III DE.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV DE.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V DE.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI DE.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak DE.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Pengelolaan pembelajaran fisika mengunakan strategi elaborasi;(2) Peningkatan hasil belajar fisika menggunakan penerapan strategi pembelajaran elaborasi;(3) Ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan strategi elaborasi; (4) Respon siswa setelah proses belajar mengajar dengan strategi elaborasi.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII semester 1 MTsN 1 Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015 yang terdiridari 6 kelas,sampel yaitu Kelas VIII-1 MTsN 1 Model Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif.Instrumen yang digunakan adalah lembar pengelolaan pembelajaran, tes hasil belajar kognitif siswa yaitu instrument tes berjumlah 30 butir soal pilihan ganda
Dan angket respon siswa.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1. Penilaian pengelolaanpembelajaran fisika dengan strategi elaborasi memiliki nilai rata-rata 3,40 kategori cukup baik,2. Peningkatan dengan mengunakan strategi elaborasi yaitu N-Gain 0,55 kategori Sedang 3. Hasil belajar siswa dari 40siswa 31(77,50%) yang tuntas dan 9 (22,50%) tidak tuntas dan 4. Respon siswa terhadap pembelajaran fisika dengan menggunakan strategi elaborasi90 % dapat memahami pembelajaran dan 10 % tidak mampu memahami pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pembelajaran fisika, elaborasi, hasil belajar
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029904 Synchrotrons; Accelerators; Instruments and Techniques
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 06 Dec 2016 08:20
Last Modified: 06 Dec 2016 08:20
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item