Koko, purwoko (2014) Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting AnswerTerhadapHasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi Di Kelas VIII Semester 1SMPN-2Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak (KP).pdf Download (724kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PEDAHULUAN (KP).pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA (KP).pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE (KP).pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV HASIL (KP).pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V KEASIMPULAN (KP).pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answerdibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah,(2) pengelolaan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer dan metode ceramah, (3) respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answerdan metode ceramah.
Penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer dengan rancangan Purposive Sampling, Pretest-Postest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa, lembar pengamatan pengelolaan guru dan angket respon siswa. Hasil ujicoba THB di dapatkan tingkat reliabilitas soal 0,804 kategori tinggi.Populasi penelitian adalah kelas VIII semester 1 SMPN-2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014, sampel penelitian adalah kelas VIII-5 berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-6 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol.Analisis data THB pre-test dan post-test menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Siswa yang belajar di kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer memiliki nilai rata-rata 86,25, sementara siswa yang belajar di kelas kontrol menggunakan metode ceramah memiliki nilai rata-rata 81,88. Analisis hipotesis pada post-test, gaindan N-gain menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answerdi kelas eksperimen dibandingkan siswa yang diajarkan dengan metode ceramah di kelas kontrol (2) Pengelolaan pembelajaran fisika secara keseluruhan dengan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer didapat persentase rata-rata sebesar 88,10% dengan kategori sangatbaik, sedangkan penilaian pengelolaanpada metode ceramah secara keseluruhan didapat persentaserata-rata sebesar 83,33% dengankategorisangatbaik(3) Respon siswa terhadapstrategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer,sebesar 96,43%siswa menyatakan senang dan merasa baru dengan pembelajaran tersebut. Respon siswa terhadap pembelajaran metode ceramah, sebesar 73,33% siswa menyatakan senang selama mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 08:58 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 08:58 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/94 |
Actions (login required)
View Item |