Henny, Anggraini (2014) Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Di MTs Muslimat NU Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak (HA).pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1 Pendahuluan (HA).pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2 Kajian Pustaka (HA).pdf Download (854kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3 Metode Penelitian (HA).pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4 Hasil Penelitian (HA).pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 Pembahasan (HA).pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6 Kesimpulan (HA).pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan metode ceramah, (2) pengelolaan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz dan metode ceramah (3) aktivitas siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz dan metode ceramah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Random Sampling, Pretest-Postest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dan lembar aktivitas siswa. Populasi penelitian adalah kelas VIII semester 2 MTs Muslimat NU Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014, sampel penelitian adalah kelas VIIIC berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data THB pre-test dan post-test menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang belajar di kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz memiliki nilai rata-rata 81,18, sementara siswa yang belajar di kelas kontrol menggunakan metode ceramah memiliki nilai rata-rata 86,76. Analisis hipotesis pada post-test, gain dan N-gain menunjukkan terdapat perbedaan secara signifikan antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz di kelas eksperimen dibandingkan siswa yang diajarkan dengan metode ceramah di kelas kontrol (2) Pengelolaan pembelajaran fisika secara keseluruhan dengan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz didapat persentase rata-rata sebesar 91,90% dengan kategori sangat baik, sedangkan penilaian pengelolaan pada metode ceramah secara keseluruhan didapat persentase rata-rata sebesar 91,35% dengan kategori sangat baik (3) Aktivitas siswa terhadap strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz, terhadap materi usaha dan energi memperoleh nilai sebesar 82,63 % ,sedangkan Aktivitas siswa terhadap pembelajaran metode ceramah memperoleh nilai sebesar 80,68% .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 06:50 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 06:50 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/81 |
Actions (login required)
View Item |