Abu Bakar, Abu Bakar (2015) Strategi guru dalam pembelajaran di Sanggar Bina Prestasi (SBP) al-Huda kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak (AB).pdf Download (912kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (AB).pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (AB).pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III (AB).pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV (AB).pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V (AB).pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Seorang guru yang professional dalam pembelajaran mempunyai kemampuan menggunakan strategi saat proses pembelajaran di kelas, dalam penelitian ini akan mengkaji strategi guru dalam pembelajaran di Sanggar Bina Prestasi Al-Huda kota Palangka Raya, dengan menggunakan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apa materi-materi yang diberikan dalam pembelajaran Sanggar Bina prestasi Al-Huda kota Palangka Raya? (2) Apa strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran Sanggar Bina Prestasi Al-Huda kota Palangka Raya? (3) Bagaimana penerapan strategi yang digunakan dalam pembelajaran Sanggar Bina Prestasi Al-Huda kota Palangka Raya?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan (field research) dalam waktu dua bulan yang bertempat di Sanggar Bina Prestasi Al-Huda kota Palangka Raya beralamat di Jl. Temanggung Tilung III No. 01 Palangka Raya, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 8 orang kakak Pembina dan informan dua pimpinan sanggar. Objek penelitian ini adalah strategi guru dalam pembelajaran di Sanggar Bina Prestasi Al-Huda kota Palangka Raya. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan triangulasi yang kemudian dianalisis dengan langkah data collection (pengumpulan data), data reduction (pengurangan data), data display (penyajian data), dan data conclusions drawing/verification (menarik kumpulan data yang diperoleh).
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Materi yang diberikan dalam pembelajaran Sanggar Bina Prestasi Al-Huda kota Palangka Raya adalah materi pembelajaran yang diberikan sesuai dengan materi yang diberikan disekolah seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN, IPS, IPA, Pendidikan Agama Islam. (2) Strategi yang digunakan adalah strategi pembelajaran heuristik yaitu strategi yang menekankan pada aktivitas siswa pada proses pembelajaran dalam mengembangkan proses berpikir intelektual siswa. (3) Penerapan strategi heuristik pada Sanggar Bina Prestasi Al-Huda kota Palangka Raya meliputi peran guru sebagai tenaga pengajar mampu membuat suasana menjadi nyaman dan santai sehingga siswa menjadi termotivasi dan antusias dalam belajar, siswa sebagai sebagai peserta didik aktif dalam belajar, materi sebagai bahan belajar sesuai dengan kompetensi dan tujuan belajar di sekolah, serta media dan alat yang memadai dalam proses pembelajaran, sehingga penerapan strategi heuristik dapat diterapkan di Sanggar Bina Prestasi Al-Huda kota Palangka Raya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 08:27 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:27 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/77 |
Actions (login required)
View Item |