تحليل الأخطاء في استخدام الفعل الماضى و المضارع والمصد في مهارة الكتابة لطلاب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة مسلمات نهضة العلماء بالنكارايا

Fadhilah, Muhammad Haris (2016) تحليل الأخطاء في استخدام الفعل الماضى و المضارع والمصد في مهارة الكتابة لطلاب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة مسلمات نهضة العلماء بالنكارايا. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

MTs Muslimat NU Palangka Raya merupakan salah satu sekolah swasta yang memiliki akreditasi yang sama dengan sekolah negeri. Sekolah ini meraih banyak prestasi dari berbagai macam perlombaan baik yang berkaitan tentang agama, bahasa, dan perlombaan umum lainnya. Namun demikian, mapel bahasa Arab kelas VIII pada maharah kitabah khususnya dalam hal morfologi merupakan materi yang dianggap susah oleh siswa-siswi yang ada di sana. Hal ini dibuktikan oleh hasil-hasil ujian dan karangan para siswa-siswi yang masih memiliki banyak kesalahan pada maharah kitabah khususnya pada aspek morfologi (fi’il madhi, fi’il mudhari dan mashdar).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk serta penyebab terjadinya kesalahan penggunaan fi’il madhi, fi’il mudhari dan mashdar pada maharah kitabah siswa kelas VIII MTs di MTs Muslimat NU Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Tes di sini bertujuan untuk mendapatkan hasil kitabah yang kemudian dilakukan proses analisis untuk pengkategorian dari hasil tersebut. Sedangkan tahap dokumentasi pada penelitian ini mencakup pendokumentasian hasil tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan penggunaan fi’il madhi, fi’il mudhari dan mashdar pada maharah kitabah dapat dikategorikan sebagai berikut: fi’il madhi sebanyak 384 kesalahan atau 33 %, fi’il mudhari sebanyak 460 kesalahan atau 39 %, dan mashdar sebanyak 334 kesalahan atau 28 %. Adapun penyebab terjadinya kesalahan tersebut antara lain: 1) Terpengaruh bahasa yang lebih dulu dikuasainya 2) Kekurangpahaman pemakai bahasa terhadap bahasa yang dipakainya yaitu bahasa Arab (yang dimaksud di sini adalah kekurangan pahaman dalam kaidah-kaidah bahasa Arab).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: fi'il madhi; fi'il mudhari; mashdar; bahasa Arab; ‌ تعريف التصريف
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040902 'Ilmu al-Sharf (Arabic Morphology)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 07 Sep 2017 02:14
Last Modified: 07 Sep 2017 02:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item