Penerapan media animasi adobe flash pada materi gerak kelas VII semester II MTs Darul Ulum Palangka Raya tahun ajaran 2015/2016

Saleh, Obet Rahman (2016) Penerapan media animasi adobe flash pada materi gerak kelas VII semester II MTs Darul Ulum Palangka Raya tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui pengelolaan pembelajaran guru menggunakan media animasi adobe flash pada materi gerak. (b) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media animasi adobe flash pada materi gerak (c) mengetahui respon siswa setelah belajar menggunakan media animasi adobe flash pada materi gerak.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang dilaksanakan di MTs Darul Ulum Palangka Raya tahun ajaran 2015/2016 dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 63 siswa yang terbagi dalam 3 kelas yakni kelas VII A, VII B, VII C. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan), dan sampel penelitian yang dipilih kelas VII A dengan jumlah siswa 19 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa, angket pengelolaan pembelajaran dan angket respon siswa. Butir soal tes hasil belajar berjumlah 9 soal valid dan 6 soal yang tidak valid dengan tingkat reliabilitas soal rata - rata 0,804 kategori sangat tinggi. Analisis data THB tes awal dan tes akhir menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan analisis ketuntasan individu yang tuntas dalam pembelajaran menggunkan media animasi adobe flash sebanyak 3 siswa dengan presentasi 20% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa dengan presentasi 80%. (2) Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media animasi adobe flash pada materi gerak dapat terlaksana dan menunjukkan hasil yang baik, karena skor rata-rata pada pertemuan I yaitu 3,28 (84,75%) meningkat pada pertemuan II menjadi 3,32 (86,50%). (3) Respon siswa terhadap pembelajaran fisika dengan menggunakan media animasi adobe flash, 66,7% siswa menyatakan belum pernah. Seluruh siswa(100%) senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan media animasi adobe flash. Seluruh siswa(100%) merasa mudah dalam memahami materi gerak menggunakan media animasi adobe flash. Seluruh siswa(100%) mengatakan belajar fisika dengan media animasi adobe flash lebih menarik. Seluruh siswa(100%) lebih cepat memahami dalam pembelajaran pada materi gerak menggunakan media animasi adobe flash. Siswa(73,3%) berpendapat jelas dalam tampilan Animasi materi gerak dengan menggunakan adobe flash.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Adobe flash; gerak; hasil belajar; fisika; motion; learning result
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 05 Sep 2017 03:26
Last Modified: 05 Sep 2017 03:26
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item View Item