Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi tekanan Kelas VIII SMP Negeri 7 Palangka Raya

Ariana, Eka Devi (2016) Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi tekanan Kelas VIII SMP Negeri 7 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak ED.pdf

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan tekanan; (2) peningkatan kemandirian belajar siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuri terbimbing pada pokok bahasan tekanan; (3) peningkatan hasil belajar siswa dengan implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan tekanan.

Penelitian ini menggunakan model rancangan One-group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan kemandirian belajar siswa, dan tes hasil belajar, dengan reliabilitas instrumen r11 = 0,822. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palangka Raya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-5 dengan jumlah 23 siswa, yaitu 14 laki-laki dan 9 perempuan, dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan metode sampling purposive. Analisis data aktivitas guru, aktivitas siswa, pretest dan postest teshasil belajar kognitif dan kemandirian belajar menggunakan Microsoft Excel 2007

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing termasuk kedalam kategori sangat baik, yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 84,38%. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung termasuk kedalam kategori cukup baik, yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 73,37%. (2) kemandirian belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing mengalami peningkatan sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Rata-rata skor kemandirian belajar siswa pada pertemuan pertama adalah 23,09. Pertemuan kedua 35,57 dan pertemuan ketiga sebesar 41,35. (3) hasil belajar siswa pada penelitian ini mengalami peningkatan sebesar 0,31 dengan kategori sedang. Rata-rata nilai pretes siswa sebesar 60,78 dan rata-rata nilai postes siswa sebesar 73,01.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inkuiri terbimbing; aktivitas; kemandirian belajar; tekanan; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 11 Aug 2017 03:07
Last Modified: 11 Aug 2017 03:07
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item View Item