Efektivitas Kegiatan Belajar Mengajar Program Jarak Jauh Bagi Guru Sd D-Ii Penyetaraan Di Palangkaraya Melalui Siaran Radio Pendidikan Rri Palangkaraya

Tasmiah, Tasmiah (1998) Efektivitas Kegiatan Belajar Mengajar Program Jarak Jauh Bagi Guru Sd D-Ii Penyetaraan Di Palangkaraya Melalui Siaran Radio Pendidikan Rri Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
328_TASMIAH_9215014452_1998.pdf

Download (8MB)

Abstract

Media pendidikan yang berperan sebagai sumber dalam belajar senantiasa mengalami perkembangan yang sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Produk teknologi komunikasi seperti radio telah membawa suasana baru dalam dunia pendidikan di tanah air, sehingga kehadiran media khususnya media Audio sebagai sumber utama dalam belajar diharapkan dapat menunjang keberhasilan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan melalui media, dan dapat pula membantu para guru SD untuk memperdalam ilmu pengetahuan dengan program siaran radio pendidikan.

Siaran radio pendidikan yang dilaksanakan Sanggar Tekkom Dikbud melalui siaran RRI Palangkaraya merupakan langkah awal dalam rangka memasyarakatkan media pembelajaran, hal ini diharapkan dapat meningkatkan peran media dalam proses belajar mengajar dan membantu para mahasiswa Diploma II Penyetaraan pada umumnya dan para guru SD yang memprogramkan SRP khususnya, karena siaran pendidikan ini merupakan program yang sudah ditentukan dengan materi-materi yang disesuaikan dengan kurikulum yang ada.

Beranjak dari penjelasan tersebut, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan siaran radio pendidikan, bagaimana keaktifan guru-guru SD dalam mengikuti siaran pendidikan dan bagaimana keberhasilannya serta apakah efektif kegiatan belajar melalui siaran pendidikan.

Selanjutnya untuk menjawab semua permasalahan yang ada sekaligus memenuhi tujuan yang diinginkan, maka penulis mencoba menggambarkan kegiatan belajar mengajar melalui siaran radio pendidikan dengan mengemukakan beberapa penjelasan yang berhubungan dengan pelaksanaan, keaktifan mengikuti siaran pendidikan serta melihat keberhasilan dalam mengikuti siaran radio pendidikan.

Sedangkan yang menjadi populasi dalam penelitian ini sebanyak 89 orang yang tersebar di delapan Sekolah Dasar Kecamatan Pahandut dan untuk pengambilan sampel penelitian berjumlah 50% yaitu 45 orang, dengan menggunakan teknik purposive sample.

Kemudian untuk menggali data-data baik data tertulis maupun data tidak tertulis, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, tahapan-tahapan editing, koding, tabulating dan analiting. Untuk analisa datanya dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan distribusi frekuensi sederhana melalui perhitungan angka rata-rata skoring dan prosentasi dengan rumus angka tertinggi dibagi angka terendah dibagi tiga. Akhirnya didapat kesimpulan bahwa kegiatan belajar mengajar program jarak jauh bagi guru SD Diploma II Penyetaraan di Palangkaraya melalui Siaran radio pendidikan RRI Palangkaraya dikatakan efektif atau dengan katagori haik/tinggi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata skoring yang diperoleh yaitu 2,30 yang berarti berada pada kualifikasi baik/tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PJJ, Siaran radio, Kegiatan belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:03
Last Modified: 14 Feb 2025 08:03
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5777

Actions (login required)

View Item View Item