Supervisi tiga tahap penggunaan laboratorium IPA strategi praktikum bersama dosen, guru dan siswa

Santiani, Santiani and Peniati, Indah and Rusilowati, Ani (2020) Supervisi tiga tahap penggunaan laboratorium IPA strategi praktikum bersama dosen, guru dan siswa. Universitas Negeri Semarang, 2 (1). pp. 799-805. ISSN 2686-6404

[img] Text
editorsnpasca,+798-805+Santiani,+Endah+Peniati,+Ani+Rusilowati.pdf

Download (517kB)
Official URL: https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/vie...

Abstract

Supervisi pelaksanaan praktikum IPA di SMA s NU Palangka Raya dengan tiga tahap. Tahap pertama pra
observasi dengan hasil rekomendasi kepala sekolah dan guru untuk pelaksanaan praktikum dan pengelolaan
laboratorium IPA. Tahap kedua kegiatan observasi meliputi kegiatan supervisi yang diawali dengan kegiatan
penataan laboratorium yang menghasilkan laboratorium IPA yang dapat digunakan untuk praktikum. Kegiatan
praktikum dimulai dengan perencanaan dengan menyusun RPP praktikum yang melibatkan guru dengan
kinerja perencanaan guru yang meningkat dari siklus satu ke siklus kedua. Kegiatan supervisi pelaksanaan
praktikum yang diobservasi oleh peneliti menunjukan bahwa ada peningkatan kinerja guru dari praktikum
pertama ke praktikum kedua. Tahap ketiga adalah wawancara pasca supervisi kepada tiga orang guru IPA
dengan kesimpulan sangat terbantu dengan kegiatan ini dan mengharapkan mendapatkan pendampingan
pengelolaan dan penggunaan laboratorium IPA secara berkelanjutan.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Guru;Pemanfaatan Laboratorium IPA;Strategi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Perpustakaan Pusat
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 20 Jun 2024 05:28
Last Modified: 20 Jun 2024 05:43
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5509

Actions (login required)

View Item View Item