Harmonis, Ida (2016) Penguasaan mufrodat Bahasa Arab pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak.pdf Download (839kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (852kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
Mengingat pentingnya Bahasa Arab diikuti pula dengan kepentingan mengajarkannya.Berdasarkan studi eksplorasi dan hasil pengamatan sementara yang dilakukan penulis secara umum pada MTs Negeri Pangkalan Bun ternyata pengajaran Bahasa Arab disana masih belum menggembirakan atau masih belum mencapai hasil optimal. Kemampuan berbahasa Arab siswanya yang masih minim, dan sekalipun ada juga siswa yang kemampuan berbahasa Arabnya baik. Indikasi masih belum menggambarkannya pengajaran bahasa Arab di MTs Negeri Pangkalan Bun juga bias. Para siswa kebanyakannya cenderung menjauhi mata pelajaran kebahasaan tidak terkecuali dengan mata pelajaran Bahasa Arab. Kenyataan diatas menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Arab di MTs ataupun sekolah menengah lainnya masih belum dapat dikatakan berhasil dengan optimal atau masih bermasalah.
Permasalahan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Bagaimana penguasaan mufrodat siswa kelas VIII MTs Negeri Pangkalan Bun. (2). Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penguasaan mufradat Bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Negeri Pangkalan Bun Kotawaringin Barat.
Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 34 responden yang terdiri dari kelas VIII, menggunakan teknik sampling. Metode pengumpulan data menggunakan : tes/angket, observasi, studi dokumentasi, wawancara. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisa deskriptif. Hasil analisis dari data menunjukkan bahwa : (1). Penguasaan mufrodat siswa kelas VIII MTs Negeri Pangkalan Bun dalam kategori cukup, yakni dengan nilai rata rata sebesar 72,03(2).Faktor-faktor yang mempengaruhi penguasaan mufrodat siswa kelas VIII MTs Negeri Pangkalan Bun yaitu keaktifan siswa, guru, dan lingkungan, baik lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitar dalam menunjang proses pembelajaran Bahasa Arab.Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika dan tenaga pendidik di lingkungan MTs Negeri Pangkalan Bun agar lebih banyak memberikan motivasi belajar kosa kata Bahasa Arab kepada siswa dan melatihnya sesering mungkin.
ABSTRACT
Regarding how important the Arabic is, it is crucial to teach it. Based on the global exploration study and the temporary observation of the writer at MTs Negeri Pangkalan Bun, the teaching of the Arabic is yet less exhilarating or still reaches below the optimum result. The students have the minimum Arabic competency, though some students have the good competency. The indication does not describe the teaching of the Arabic at MTs Negeri Pangkalan Bun, which is also refractive. Most students tend to avoid the language lesson, no exception to the Arabic. The fact shows that the teaching of the Arabic at MTs or another junior high school has not completely succeeded optimally or in the other word it still has problem.
The problem of the research aims to know: (1). How the mastery of the Arabic vocabulary is on the 8th grade student of Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangkalan Bun. (2). What factors affect the mastery of the Arabic vocabulary on the 8th grade student of Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangkalan Bun West Kotawaringin.
The research is the quantitative research with the quantitative descriptive approach. The subject of the research consists of 34 respondents of the 8th grade students, by sampling technique. The collecting data method uses: test/questionnaire, observation, document analysis, and interview. The collected data is analyzed by descriptive analysis technique, the result shows that: (1). the mastery of the Arabic vocabulary on the 8th grade student of Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangkalan Bun is in the average category, the mean value 72.03. (2). The factor that affects the mastery of the Arabic vocabulary on the 8th grade student of Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangkalan Bun is the active role of the students, teacher and environment, both the family and the neighborhood in supporting the Arabic learning process. The writer expects the research to be the source of the information and the recommendation for the academic societies and the teachers at MTs Negeri Pangkalan Bun in order to give more motivation to the students to gain the Arabic vocabulary and practice it as often as possible.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mufrodat, Bahasa Arab; MTSN Pangkalan Bun; PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 26 May 2017 02:45 |
Last Modified: | 26 May 2017 02:45 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/529 |
Actions (login required)
View Item |