Pelaksanaan pembelajaran model inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi ayat-ayat Al-qur’an tentang toleransi Kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 2 Palangka Raya

Susilawati, Annis (2016) Pelaksanaan pembelajaran model inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi ayat-ayat Al-qur’an tentang toleransi Kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 2 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Annisa.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pemahaman siswa dan merasa jenuh dalam proses pembelajaran pada materi pendidikan Agama Islam disekolah. Materi Pendidikan Agama Islam dianggap kurang menarik. Selain itu, penggunaan model pembelajaran yang monoton membuat siswa tidak aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Inkuiri pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi ayat-ayat Al qur’an tentang toleransi di SMA Negeri 2 Palangka Raya.

Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini sebagai berikut: 1.Bagaimana perencanaan pelaksanaan model Inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi ayat-ayat Al-Qur’an tentang toleransi di SMA Negeri 2 Palangka Raya? 2. Bagaimana pelaksanaan model Inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi ayat-ayat Al-Qur’an tentang toleransi di SMA Negeri 2 Palangka Raya? 3. Apa saja faktor yang mempengaruhi model Inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi ayat-ayat Al-Qur’an tentang toleransi di SMA Negeri 2 Palangka Raya?

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran pendidikan Agama islam kelas XI. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model inkuiri dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMA Negri 2 Palangka raya telah dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam. 1. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan yang guru lakukan mengenai perencanaan yang dibuat guru yaitu pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pertimbangan model pembelajaran, materi, sarana dan prasarana, keadaan siswa dan tujuan yang ingin dicapai. 2. Mengenai pelaksanaan model inkuiri guru merancang kegiatan pembelajaran agar siswa lebih aktif, menggunakan media dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Memberikan peluang kepada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dan mengembangkan ketrampilan siswa. 3. Faktor pendukung dalam pelaksanaan model inkuiri ini yaitu guru mata pelajaran, serta kerja sama siswa dengan guru sehingga pembelajaran dapat berlangsung dan sarana dan prasarana yang sudah melengkapi. Faktor penghambat dalam pelaksanaan ini yaitu kurangnya waktu pembelajaran, perbedaan kemampuan setiap siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; model inkuiri; Pendidikan Agama Islam; learning; Implementation; inquiry model
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:21
Last Modified: 27 Apr 2017 04:21
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item