Burhanuddin, Burhanuddin (2015) Manajemen Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Alam Bina Insan Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak (BR).pdf Download (616kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN (BR).pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA (BR).pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN (BR).pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN (BR).pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V PEMBAHASAN (BR).pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI PENUTUP (BR).pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (BR).pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan dasar adalah kebutuhan dasar bagi anak-anak di usia emasnya. Setiap anak mempunyai keunikan yang berbeda-beda, tapi anak-anak mempunyai persamaan yaitu suka bermain. Sekolah tidak jarang justru mengekang dan mengungkung kebebasan anak-anak untuk bermain. Sekolah Dasar (SD) Alam Bina Insan (SDABI) sebagai bagian dari sekolah dasar di Pangkalan Bun menyajikan sekolah yang tidak menghilangkan masa bermain anak-anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) Bagaimana Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Alam Bina Insan Pangkalan Bun, (2) Bagaimana Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Alam Bina Pangkalan Bun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan dan peneliti itu sendiri.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran serta peran kepala sekolah dan guru dalam manajemen pembelajaran di Sekolah Dasar (SD)Alam Bina Insan PangkalanBun sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sesuai dengan pendapat para ahli dibidang pendidikan. Mengingat kurikulum yang digunakan berupa perpaduan antara kurikulum pendidikan nasional dan visi misi sekolah alam, maka perlu adanya penyamaan persepsi para pendidik dan tenaga kependidikan, serta perlunya sosialisasi lebih luas kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 01:38 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 01:38 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/48 |
Actions (login required)
View Item |