Yuliana, Wiwit (2020) Penerapan model kooperatif tipe NHT berbantuan media animasi terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pada materi organisasi kehidupan kelas VII MTs Fathul Jannah. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Wiwit Yuliana - 1601140460.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kurangnya motivasi pada peserta didik. Selain itu tidak adanya penggunaan media yang digunakan dalam pembelajaran. Seringkali dalam pembelajaran menggunakan model-model pembelajaran yang tidak terencana dengan baik serta tidak melibatkan aktivitas antar peserta didik. Salah satu materi pembelajaran IPA yang hasil belajarnya masih rendah adalah materi sistem organisasi kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterterapan pembelajaran, motivasi peserta didik dan hasil belajar kognitif dengan menerapkan model NHT berbantuan media animasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar keterterapan, tes hasil belajar kognitif dan angket motivasi peserta didik. Dari 40 soal tes yang diuji coba diperoleh 20 soal yang digunakan dalam penelitian. Tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Angket motivasi belajar dengan jumlah 40 butir soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran dengan nilai rata-rata 3.37 dengan kategori baik. Sehingga dapat dikatakan penerapan pembelajaran dengan model NHT berbantu media animasi telah dilakukan dengan baik. Tingkat motivasi belajar peserta didik dengan rata-rata 75,7 dengan kategori tinggi, artinya penerapan model pembelajaran NHT berbantu media animasi memiliki efek positif terhadap motivasi. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik dengan penerapan model ini belum dapat dikatakan berhasil dilihat dari nilai ketuntasan klasikal 33,33%≤85% atau belum mencapai standar ketuntasan klasikal.
Abstract
The reason for the poor learning outcomes of students is the lack of motivation in students. It was the absence of the use of media used in learning. Often in learning using learning models that are not well planned and do not involve activities between students. One of the natural science learning materials whose learning outcomes are still low is the life organization system material. This study aims to determine the applicability of learning, student motivation, and cognitive learning outcomes by applying the NHT model assisted by animation media.
This research is a descriptive quantitative study, the instrument used in this study is the applicability sheet, cognitive learning test results, and student motivation questionnaire. From 40 test questions tested, 20 questions were used in the study. Test results in the form of multiple-choice questions of 20 items. Learning motivation questionnaire with 40 items.
The results showed that the management of learning with an average value of 3.37 with a good category. So that it can be said the application of learning with the NHT model assisted with animation media has been done well. The level of learning motivation of students with an average of 75.7 with a high category, meaning that the application of the NHT learning model assisted with animation media has a positive effect on motivation. As for t¬he learning outcomes of students with the application of this model can not be said to be successfully seen from the classical completeness value of 33.33% ≤85% or has not reached the classical completeness standard.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar;Materi Organisasi Kehidupan; Model NHT; Motivasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 09 Jun 2021 07:27 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 06:13 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3040 |
Actions (login required)
View Item |