Penerapan media animasi berbasis discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus

Fransukma, Sando (2020) Penerapan media animasi berbasis discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Sando Fransukma - 1401130318.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran selain mata pelajaran jurusannya salah satunya mata pelajaran fisika yang dinilai sulit untuk dipahami termasuk salah satunya materi gerak lurus, sehingga berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Untuk itulah diperlukan media pembelajaran yang susah untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan media animasi yang berbasis dengan model pembelajaran penemuan (discovery learning) untuk membiasakan siswa menemukan jawaban sendiri dari permasalahan yang dibuat oleh guru ketika kegiatan belajar mengajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan berpikir kritis siswa setelah menerima penerapan media animasi berbasis discovery learning pada materi gerak lurus (2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerima penerapan media animasi berbasis discovery learning pada materi gerak lurus .

Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan rancangan desain “one-group pretest-posttest design” Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 butir soal (KBK) dan 9 butir soal (THB) dalam bentuk uraian, yang menjadi objek dalam penelitian kali ini adalah siswa kelas X DPIB semester I SMKN 1 Palangka Raya Tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 20 orang siswa.

Hasil penelitian diperoleh: (1) Nilai kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dengan penerapan media animasi berbasis discovery learning pada materi gerak lurus dengan rata-rata siswa mendapatkan nilai 43,77 sebelum mendapatkan perlakuan, kemudian setelah mendapatkan perlakuan rata-rata siswa mendapatkan nilai 61,77 hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa (2) nilai tes hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan penerapan media animasi berbasis discovery learning pada materi gerak lurus dengan rata-rata siswa mendapatkan nilai 52,95 sebelum mendapatkan perlakuan, kemudian setelah mendapatkan perlakuan rata-rata siswa mendapatkan nilai 77,86 hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa.

Abstract

The study is in the background of the students' lack of interest in subjects other than the majored's elective subject one of the physical subjects that is considered difficult to understand while one of the edifying materials is in straight motion, thus affecting both our thinking ability and the students' learning.

For this reason easy learning media needs to overcome students' learning difficulties, with animated media based on found learning learning models to enable students to find at least a minimum of answers from market-learning practices. The research aims to know: (1) the raising of students' critical thinking after receiving the application of animation media based learning on upright motion materials (2) of enhanced student learning after receiving the application of study-based meda animation learning on a straight-motion maten.

The study uses a precursor method with a design design" one-group prepackaged posttest design" the research tool used is the learning results and the students' critical miserability. Research tools that are used in research are 6 items (KBK) and 9 points (THB) for description. the vangbe an object of this research is an x - and semescore student of the year 2020/2021, with 20 students.

Research results obtained: (1) critical thinking ability value students experience increased with application of feeling-based animation media learning on discovery learning materials with an average student receiving a rate of 43.77 before getting treatment after obtaining treatment of ratarata students get a value of 61.77 this indicates that an increased student's critical thinking ability (2) student learning value is an improved student's learning media application on discovery learning Straight-motion materials with the average student gets a value of 5295 before getting a treatment then after getting treatment the average student gets a grade of 77.86 this indicates that an increased student's learning result.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Animasi;Metode Eksperimen;Discovery Learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 22 Jan 2021 09:50
Last Modified: 22 Jan 2021 09:50
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item View Item