Joko, Santoso (2014) Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Manusia pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 7. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak (JS).pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan (JS).pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Kajian (JS).pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Metode (JS).pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV (JS).pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V Pembahasan (JS).pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI Penutup (JS).pdf Download (149kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi hasil belajar peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi. pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia khususnya mengenai bagian – bagian jantung, dan sistem sirkulasinya yang penyampaiannya memerlukan peran peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Rendahnya nilai peserta didik disebabkan minat belajar mereka masih rendah, masih kurangnya minat baca serta motivasi belajar peserta didik, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center), sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, faktor lingkungan juga mempengaruhi hasil belajar mereka. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk melihat pengaruh metode simulasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi system peredaran darah pada manusia di SMPN 7 Palangka Raya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh metode simulasi pada materi sistem peredaran darah pada manusia terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Palangka Raya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode simulasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem peredaran darah pada manusia di SMPN 7 Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian yaitu non equivalent control group pretest dan posttest. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 7 Palangka Raya, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 yang berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan metode tes dan analisis data menggunakan program SPSS version 19.0 for windows 7.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen meningkat dari pretes ke postes dengan nilai rata-rata 29.22 menjadi 74.35. Sedangkan rata-rata gain 45.13 dan N-gain memiliki rata-rata 0,645%. Uji hipotesis dengan menggunakan rumus anova satu arah metode simulasi berpengaruh siginifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas VIII SMPN -7 Palangka Raya. Hal tersebut berdasarkan tabel anova dengan α = 0.05 < Sig. atau 0,000 < 0,05. Artinya, Ho ditolak dan Ha diterima.
English
Based on the observation toward the learning outcomes of the students to get difficulties comprehending the topic circulation of humans blood system, specially, part of heart and circulation system which in its delivery needs active participation from students during learning process. The poor sores of the students are caused by lacking of reading interest, lacking of motivation, the teaching is teacher-learning process, so, that the students inactive in live learning process. Beside that environmental factor also influence their outcomes. Therefore, the effort has been done to see the Effectiveness of Simulation Method Toward the Learning Outcomes of the Students in the Topic Circulation of Humans’ Blood System at SMPN 7 Palangka Raya.
Problem of Study in this research is how the Effectiveness of Simulation Method Toward the Learning Outcomes of the Students in the Topic Circulation of Humans’ Blood System at SMPN 7 Palangka Raya? The study is intended to know the effectiveness of Simulation Method Toward the Learning Outcomes of the Students in the Topic Circulation of Humans’ Blood System at SMPN 7 Palangka Raya. The study uses quantitative approach and the quasi experiment with nonequivalent control group pretest dan posttest. The populations of the study are the students of class VIII SMPN 7 Palangka Raya. The samples of the study are 23 students of class VIII-2 which act as experimental class and 23 students of class VIII-1 which act as control class. The data are collected trough test data are analyzed through SPSS of 19.0 versions for windows 7.
The results of the study indicate that the average learning outcomes of the students in experimental class improves from pretest and posttest; 29.22 becomes 74.35. While the gain has the average 45.13, the N-gain has the average 0.64. The test of hypothesis using one way anova indicate that Simulation Method has a significant Effectiveness Learning Outcomes of the Students in experimental class in the Circulation of Humans’ Blood System at SMPN 7 Palangka Raya. This can be seen from anova table with α = 0.05 < Sig. or 0,000 < 0,05. This means Ho is rejected and Ha is accepted.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 08:32 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 08:32 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/228 |
Actions (login required)
View Item |