Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Telaah Yurisprudensi dengan Metode Dialog Socrates pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMPN-2 Palangka Raya

Robi, Maulana (2014) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Telaah Yurisprudensi dengan Metode Dialog Socrates pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMPN-2 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (RM).pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan (RM).pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Landasan Teori (RM).pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode Penelitian (RM).pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Laporan Penelitian (RM).pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Analisa (RM).pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI Penutup (RM).pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemauan siswa untuk mengajukan pendapat siswa pada saat proses belajar mengajar di kelas VII SMPN-2 P. Raya dapat dilihat dari beberapa aspek berikut, a) masih banyak siswa yang malu dan takut untuk bicara khususnya dalam mengajukan pendapat, b) hanya beberapa siswa saja yang mampu secara lancar dan lugas mengajukan pendapat mengenai masalah yang dibahas dalam berdiskusi, c) saat berdiskusi, siswa belum mampu menanggapi gagasan yang disampaikan oleh anggota kelompoknya, sehingga diskusi kelompok terkesan hanya untuk beberapa orang siswa saja dan siswa yang lainnya hanya menjadi penonton dalam diskusi, selain itu hal ini akan sangat berdampak pada nilai siswa.
Penerapan model Telaah Yurisprudensi dengan metode diaolog socrates di kelas VII-3 SMPN-2 Palangka Raya merupakan upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam hal keberanian mengungkapkan pendapat dan hasil belajar siswa. Pembelajaran telaah yurispurudensi salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang dapat mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini karena model pembelajaran tersebut mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian bersiklus/ penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian bersiklus ini dilaksanakan dengan 4 tahapan, yaitu ; 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dengan cara ; observasi, tes, dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII, dan sampel adalah seleuruh siswa kelas VII-3 yang terdiri dari 35 siswa.Teknik pengumpulan data melalui obsevasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 untuk siklus I, dan 15 soal untuk siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) aktivitas siswa dalam hal keberanian mengungkapkan pendapat pada setiap pertemuan pada siklus I dan siklus II meningkat. (b) Hasil belajar meningkat dari sikus I ke Siklus II dengan rata-rata ketuntasan klasikal yaitu 85,72menjadi 94,28. Maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi dengan metode dialog socratesdapat meningkatkan aktivitas siswa dalam hal keberanian mengungkapkan pendapat dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

English
The low will of the students to express opinions during teaching-learning process at class VII SMPN-2 Palangka Raya can be seen from several aspect such as, a) there are some students who are shy and afraid of speaking especially in expressing onion, b) only small part of the students who are able to express their opinions about the matters to be discussed, c) during discussion, the students are unable to response to the ideas delivered by the members of the group so that group discussion is dominated by several students and the other students are only observers. This has as an impact on the scores of the students.
The impementation of Review of Jurisprudence and Socrates Method is an effort of improving the activities of the students in terms of bravery in expressing opinion and the learning outcomes. Leraning using review of jurisprudence is one cooperative learning model which activates and improves the learning outcomes of the students. This kind of learning model facilitates the students in understanding the lesson.
This study has cycles / is classified as Classroom Action Research (CAR) with qualitative Research. This is done into four cycles, namely: 1) Palanning, 2) Implementing, 3) Observing and 4) Reflecting. The techniques of the study are all the students of class VII and the samples are 35 students of class VII-3. The instrument to be used is the multiple choice which consist of 15 items for cycle I, 15 items for cycle II.
The results of the study indicate that : (a) the activities of the students in terms of brevary in expressing opinion in every meeting in cycle I and cycle II improve. (2) Learning outcomes improves from cycle I to cycle II, in which the average score of classical mastery learning, namely 85,72 becomes 94,28. Therefore, it can be concluded that learning Model of Review of Jurisprudence and Socrates Method can improves the activities of the students in terms of brevary in expressing opinions and improving learning outcomes of the students.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 27 Sep 2016 03:51
Last Modified: 27 Sep 2016 03:51
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item