Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK 2 Pangkalan Bun.

Istiana, Istiana (2014) Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK 2 Pangkalan Bun. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (Is).pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan (IS).pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II Kajian (Is).pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode (Is).pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil (IS).pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Pembahasan (IS).pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI Kesimpulan (IS).pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah terhadap hasil belajar siswa pada materi morfologi berbagai tumbuhan kelas X jurusan pertanian di SMK 2 Pangkalan Bun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian yaitu Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas X SMK 2 Pangkalan Bun, sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.ATPH yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X.ATPKJ yang berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan metode tes dan metode angket/kuesioner. Analisis data menggunakan program SPSS version 17.0 for windows 7.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kontrol sama-sama meningkat dengan N-Gain kelas eksperimen 0,637 termasuk kategori sedang dan N-Gain kelas kontrol 0,570 termasuk kategori sedang. Uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber belajar dan hasil belajar dengan pembelajaran konvensional pada materi morfologi berbagai tumbuhan di kelas X SMK 2 Pangkalan Bun. Hal tersebut berdasarkan hasil uji t dimana thitung (2,21) > ttabel (2,00) pada taraf signifikansi α = 0,05.

English
This study aims to determine the effect of the use of the natural environment around the school on student learning outcomes in a variety of plant material morphology classes in vocational agriculture department SMK 2 Pangkalan Bun. This study uses a quantitative approach to the type of research that is quasi-experimental study (quasi-experimental) research design, namely nonrandomized control group pretest-posttest design. The study population is a class X student of SMK 2 Pangkalan Bun, the sample in this study is X.ATPH classes totaling 30 people as the experimental class and the class X.ATPKJ totaling 32 people as a control group. Data collected by the test method and questionnaire method / questionnaire. Data analysis using SPSS version 17.0 for windows 7.
The results show that the learning outcomes of students experimental and control classes were equally increased by N-Gain experimental classes including medium category and 0.637 N 0.570 Gain control class medium category. Hypothesis testing using t-test formula showed significant differences in learning outcomes between learning with the use of the natural environment around the school as a source of learning and learning outcomes with conventional learning the morphology of a variety of plant material in class X of SMK 2 Base Bun. It is based on the results of t-test where tcount (2.21)> t table (2.00) at significance level α = 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 30 Aug 2016 09:47
Last Modified: 30 Aug 2016 09:47
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item