Sulaiman, Taufik (2016) Pengaruh penerapan model pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, saticfaction (ARIAS) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pesawat sederhana di Kelas VIII Semester I SMPN 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016-2017. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak TS.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (743kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengelolaan pembelajaran fisika dengan menggunakan model ARIAS, (2) Motivasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model ARIAS, (3) Hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah menggunakan model ARIAS, afektif dan psikomotorik dengan menggunakan model ARIAS, (4) Terdapat tidaknya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Pra Eksperimen dengan model rancangan the one group pretest-posttest dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang dipilih adalah kelas VIII 2. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Palangka Raya pada bulan september sampai oktober 2016. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengelolaan pembelajaran, angket motivasi beajar siswa, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik siswa serta tes hasil belajar kognitif siswa. Analisa data menggunakan Microsoft exel dan SPSS versi 20.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan pembelajaran IPA menggunakan model ARIAS termasuk dalam kategori cukup baik rata-rata sebesar 3,27%, (2) Motivasi siswa sebelum menggunakan model ARIAS termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 43,4 dan motivasi siswa setelah menggunakan model ARIAS termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata sebesar 46,9, (3) Hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan model ARIAS dilihat dari ketuntasan individu 100% tidak tuntas, dilihat dari ketuntasan TPK 79,00% tidak tuntas 21,00% tuntas dan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan model ARIAS dilihat dari ketuntasan individu 57,6% tidak tuntas 42,4% tuntas, nilai afektif siswa dalam kategori baik sedangkan nilai psikomotorik siswa dalam kategori cukup baik, (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model ARIAS terhadap motivasi dengan nilai t-hitung sebesar -5,718 dengan signifikansi yang menunjukkan 0,000 < 0,05 dan terdapat pengaruh yang signifikan antara model ARIAS terhadap hasil belajar siswa dengan nilai t-hitung sebesar -16,056 dengan signifikansi menunjukkan 0,000 < 0,05.
ABSTRACT
This study aims to determine (1) The management of teaching physics by using ARIAS model, (2) students motivation before and after using the model of ARIAS, (3) Students cognitive, affective and psychomotoric result before and after using ARIAS model, (4) Whether or not any significant influence between ARIAS model towards the motivation and students’ achievement.
This study uses a pra-experimental design with the one group pretest-posttest by using purposive sampling, the sample is VIII-2 grade. The research is conducted at SMPN 3 Palangkaraya from September to October 2016. The instrument used are learning management sheet, motivation questionnaire, affective, psychomotoric and cognitive achievement test. Data are analyzed by using Microsoft Excel and SPSS version 20.0 for Windows.
The results showes that: (1) Management teaching physic using ARIAS model is in good category with the average of 3.27, (2) Students motivation before using ARIAS model is in medium category with the average of 43.4 and students motivation after using ARIAS model is in medium category with the average of 46.9, (3) the results of students cognitive learning before using ARIAS model showes the individual achievement is 100% failed, taken from TPK 79.00% failed and 21.00% succeeded. After using ARIAS model, 57.6% failed and 42.4% succeeded. The affective result in good category meanwhile the students psychomotoric attitude is good enough, (4) There is a significant influence between ARIAS model towards the students’ motivation with t-count -5.718 with a significance showing 0.000 < 0.05 and different significant between the ARIAS model and students’ achievement with t-count -16.056 with significance showed 0,000 <0, 05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran ARIAS; motivasi; hasil belajar kognitif; afektif dan psikomotorik. |
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 07:39 |
Last Modified: | 15 Aug 2017 07:39 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/735 |
Actions (login required)
View Item |