Hubungan sikap belajar siswa terhadap prestasi belajar dan kreativitas siswa menggunakan model pembelajaran problem posing pada Materi momentum dan impuls

Noormawati, Noormawati (2016) Hubungan sikap belajar siswa terhadap prestasi belajar dan kreativitas siswa menggunakan model pembelajaran problem posing pada Materi momentum dan impuls. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak N.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terdapat tidaknya hubungan yang signifikan antara sikap belajar siswa terhadap prestasi belajar menggunakan model pembelajaran problem posing pada pokok bahasan momentum dan impuls, (2) terdapat tidaknya hubungan yang signifikan antara sikap belajar siswa terhadap kreativitas siswa menggunakan model pembelajaran problem posing pada pokok bahasan momentum dan impuls, (3) terdapat tidaknya hubungan yang signifikan antara sikap belajar siswa terhadap prestasi belajar dan kreativitas siswa menggunakan model pembelajaran problem posing pada pokok bahasan momentum dan impuls.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian menggunakan one shot case study dalam mengumpulkan datanya. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar kognitif dan tes kreativitas berpikir kreatif dan angket sikap belajar. Hasil analisis reliabilitas butir soal uji coba instrumen tes berpikir kreatif diperoleh sebesar -0,2685 dengan kategori sangat rendah dan tes prestasi belajar kognitif diperoleh sebesar 0,7398 dengan kategori kuat. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI semester I MAN MODEL Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 3 berjumlah 37 orang. Analisis data hubungan sikap belajar terhadap prestasi belajar kognitif siswa, data hubungan sikap belajar terhadap kreativitas berpikir kreatif, hubungan sikap belajar terhadap prestasi belajar kognitif siswa dan kreativitas berpikir kreatif menggunakan program SPSS for Windows Versi 17.0.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan analisis uji hipotesis sikap belajar siswa terhadap prestasi belajar menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Problem Posing pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig* 0,110 ˃ 0,05, dengan skor rata-rata sikap belajar adalah 140,7567 dan skor rata-rata prestasi belajar adalah 74,6054. (2) Analisis uji hipotesis sikap belajar siswa terhadap kreativitas menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Problem Posing pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig* 0,820 ˃ 0,05, dengan skor rata-rata sikap belajar adalah 140,7567 dan skor rata-rata kreativitas adalah 67,783. (3) Analisis uji hipotesis sikap belajar siswa terhadap prestasi dan kreativitas menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Problem Posing pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig* 0,185 ˃ 0,05, dengan skor rata-rata sikap belajar adalah 140,7567, skor rata-rata kreativitas adalah 67,7834 dan skor rata-rata prestasi belajar adalah 74,6054.

Abstract

This study aims to determine: (1) there is a significant correlation between students' attitudes toward learning achievement using model problem posing on the subject of momentum and impulse, (2) there is a significant correlation between students' attitudes toward creativity of students using model problem posing on the subject of momentum and impulse, (3) there is a significant correlation between students' attitudes toward learning achievement and creativity of students using model problem posing on the subject of momentum and impulse.

The type of this study was one shot case study in collecting data. The instrument use was a test cognitive learning achievement and creativity tests of creative thinking and inquiry learning attitude. Results of reliability analysis items trials creative thinking test instruments obtained by -0.2685 categorized as very low and cognitive learning achievement tests obtained at 0.7398 with strong category. The population in this study is the first semester of class XI MODEL MAN Palangka Raya School Year 2016/2017, the sample is a class XI MIPA 3 amounted to 37 people. Analysis of the data relations learning attitude towards learning achievement of students’ cognitive, learning attitudes toward relations data creativity creative thinking, relations learning attitude towards learning achievement of students' cognitive creativity and creative thinking using SPSS for Windows version 17.0.

The results showed that: (1) Based on the analysis of hypothesis testing students' attitudes toward learning achievement shows that there is no significant relationship in the application of learning models Problem Posing at a significance level of 0.05 with sig * 0.110 ˃ 0.05, with an average score of learning attitude is 140.7567 and the average score of learning achievement is 74.6054. (2) Analysis of hypothesis testing students' attitudes toward creativity indicates that there is a significant relationship in the application of learning models Problem Posing at a significance level of 0.05 with sig * 0.820 ˃ 0.05, with an average score of learning attitude is 140.7567 and the average score of creativity is 67,783. (3) Analysis of hypothesis testing students' attitudes toward achievement and creativity show that there is no significant relationship in the application of learning models Problem Posing at a significance level of 0.05 with sig * 0.185 ˃ 0.05, with an average score of learning attitude is 140.7567, the average score of creativity is 67.7834 and the average score of learning achievement is 74.6054.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem posing; kreativitas; momentum dan impuls; sikap belajar; prestasi belajar; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 14 Aug 2017 06:22
Last Modified: 14 Aug 2017 06:22
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item