Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada meteri gerak lurus

Zulkipli, Zulkipli (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada meteri gerak lurus. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada atau tidak adanya perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran koopratif tipe NHT pada materi gerak lurus, (2) ada atau tidak adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran koopratif tipe NHT pada materi gerak lurus, (3) ada atau tidak adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHTmateri gerak lurus, (4) bagaimana hasil belajar psikomotor siswa selama pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis penilitiannya menggunakanpra-experimental design. Dalam mengumpulkan datanya. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar, tes hasil belajar kognitif siswa dan lembar pengamatan psikomotor siswa. Hasil analisis reliabilitas butir soal uji coba instrumen tes hasil belajar kognitif diperoleh sebesar 0,851 dengan kategori sangat kuat. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X semester I SMAN-4 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017 dengan sampel penelitian adalah kelas X-7 berjumlah 35 orang. Analisis data motivasi belajar awal dan akhir siswa, pretest dan posttest tes hasil belajar kognitif siswa dan data hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa menggunakan program SPSS for Windows Versi 17.0

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan analisis uji hipotesis motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir setelahpenerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig* 0,000 < 0,05, dengan skor rata-rata motivasi belajar awal adalah 37,89 dan skor rata-rata motivasi belajar akhir adalah 80,14. (2) Analisis uji hipotesis hasil belajar kognitif menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai sig* 0,000 < 0,05. Dengan skor rata-rata pretest sebesar 13,30 dan rata-rata nilai posttest sebesar 53,61. (3) Analisis uji hipotesis hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa menunjukkan hasil bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini terlihat dari nilai sig* 0,05 < 0,958 untuk pretest dan untuk posttest diperoleh sig* 0,05 < 0,953, (4) Hasil belajar psikomotor siswa tiap LKS diperoleh hasil rata-rata sebagai berikut, untuk LKS 1 sebesar 67,5 %, LKS 2 sebesar 75,97 % dan LKS 3 sebesar 87,08 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: NumberedHeadsTogether (NHT); motivasi belajar; gerak lurus; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:53
Last Modified: 10 Aug 2017 07:53
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item