Manajemen Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Alam Bina Insan Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah

Burhanuddin, Burhanuddin (2015) Manajemen Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Alam Bina Insan Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (BR).pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN (BR).pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA (BR).pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN (BR).pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN (BR).pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PEMBAHASAN (BR).pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI PENUTUP (BR).pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (BR).pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Pendidikan dasar adalah kebutuhan dasar bagi anak-anak di usia emasnya. Setiap anak mempunyai keunikan yang berbeda-beda, tapi anak-anak mempunyai persamaan yaitu suka bermain. Sekolah tidak jarang justru mengekang dan mengungkung kebebasan anak-anak untuk bermain. Sekolah Dasar (SD) Alam Bina Insan (SDABI) sebagai bagian dari sekolah dasar di Pangkalan Bun menyajikan sekolah yang tidak menghilangkan masa bermain anak-anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) Bagaimana Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Alam Bina Insan Pangkalan Bun, (2) Bagaimana Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Alam Bina Pangkalan Bun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan dan peneliti itu sendiri.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran serta peran kepala sekolah dan guru dalam manajemen pembelajaran di Sekolah Dasar (SD)Alam Bina Insan PangkalanBun sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sesuai dengan pendapat para ahli dibidang pendidikan. Mengingat kurikulum yang digunakan berupa perpaduan antara kurikulum pendidikan nasional dan visi misi sekolah alam, maka perlu adanya penyamaan persepsi para pendidik dan tenaga kependidikan, serta perlunya sosialisasi lebih luas kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 05 Aug 2016 01:38
Last Modified: 05 Aug 2016 01:38
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item