Perbandingan minat belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran berbasis multiple intelegences dengan model konvensional pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Darul Ulum Palangka Raya

Jayadi, Jayadi (2020) Perbandingan minat belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran berbasis multiple intelegences dengan model konvensional pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Darul Ulum Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Jayadi - 16016015 File 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Jayadi- 16016015 File 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Jayadi - 16016015 File 3.pdf

Download (345kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pembelajaran Fiqih di kelas VII MTs Darul Ulum Palangka Raya dengan adanya siswa tampak jenuh, kurang berminat dan kurang bergairah untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Peserta didik duduk diam, mendengarkan dan mengerjakan tugas dari guru. Pembelajaran menekankan pada hafalan-hafalan.dan guru masih cenderung menggunakan model konvensional atau metode lama dan kurang bervariasi. Sehingga peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan modelpemeblajaran berbasis multiple intelegences dan model konvensional pada mata pelajaran Fiqih Kelas VII Mts Darul Ulum palangka Raya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Darul Ulum Palangka Raya. (2)
Mendeskripsikan minat belajar siswa dengan menggunakan model konvensional pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Darul Ulum Palangka Raya. (3) mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan model konvensional pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Darul Ulum Palangka Raya.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling. Sampel penelitian adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII C sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data dengan angket. Analisis data dengan statistik menggunakan rumus Uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat siswa terhadap pembelajaran fiqih dengan penerapan motode berbasis multiple intelligences di Kelas VII MTs Darul Ulum Palangka Raya memperoleh rata-rata sebesar 4,52 termasuk kategori sangat baik. (2) Minat siswa terhadap pembelajaran fiqih dengan penerapan motode konvensional di Kelas VII MTs Darul Ulum Palangka Raya memperoleh rata-rata sebesar 4,34 termasuk kategori sangat baik. (3) Ada perbedaan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan model konvensional pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Darul Ulum Palangka Raya dengan nilai t-tes sebesar 2,529 dan nilai Sig. sebesar 0,014. Dengan kata lain bahwa rata-rata minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis multiple intelligences sebesar 4,52 lebih tinggi dibanding dengan minat belajar siswa dengan menggunakan model konvensional sebesar 4,34.

Abstract

The background of this research was the Fiqh learning at grade VII MTs Darul Ulum Palangka Raya where students appear to be bored, less interested and less willing to participate actively in learning. Students sat quietly, listened and did the work of the teacher. Learning emphasized rote learning and teachers tended to use conventional models or old methods and less varied. So that researcher conducted research using multiple intelligences-based learning models and conventional models on Fiqh Subject at grade VII MTs Darul Ulum Palangka Raya.

The purposes of this research were to (1) describe the student learning interest by using multiple intelligencies-based learning model on the Fiqh Subject at grade VII MTs Darul Ulum Palangka Raya. (2) describe the student learning interest by using convensional model on the Fiqh Subject at grade VII MTs Darul Ulum Palangka Raya. (3) describe wether there are differences of student learning interests between using Multiple Intelligences Based Learning and Conventional Models on the Fiqh Subject at grade VII MTs Darul Ulum Palangka Raya.
This research was included in qualitaitive experimental research. The research samples were grade VII A (as an experimental class) and grade VII C (as a control class). The data were collected by questionaire techniques. Data were analyzed by statistic T-tes formula.
The results showed that: (1) the student learning interest on the Fiqh subject by applying multiple intelliegences method at grade VII MTs Darul Ulum Palangka Raya obtained an average of 4.52, it included in the excellent category. (2) the student learning interest on the Fiqh subject by applying conventional method at grade VII MTs Darul Ulum Palangka Raya obtained an average of 4.34, it included in excellent category. (3) there were differences of student learning interest between using multiple intelligences and convertional method on the Fiqh Subject at grade VII MTs Darul Ulum Palangka Raya. T-tes value was 2.529 and 0.014 sig. Value. In other words, the average of student learning interest using multiple intelligencies learning model was 4.52. It was higher value than using conventional model with a value of 4.34.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Konvensional;Pembelajaran Fiqih; Minat Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 14 Jul 2021 07:53
Last Modified: 14 Jul 2021 07:53
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3212

Actions (login required)

View Item View Item