Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas Vii Di Smp Muhammadiyah Palangka Raya

Jaemi, Wahyudi (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas Vii Di Smp Muhammadiyah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (JW).pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN (JW).pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA (JW).pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN (JW).pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN (JW).pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PEMBAHASAN (JW).pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI PENUTUP (JW).pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA khususnya biologi belum sepenuhnya mencapai nilai KKM yang ditentukan terutama pada materi ciri-ciri makhluk hidup yang penyampaiannya masih menggunakanp ola pembelajaran masih bersifat konvensional dan berpusat pada guru. Sehingga berakibat rendahnya nilai peserta didik disebabkan minat belajar mereka masih rendah, siswa masih kurang termotivasi untuk aktif belajar karena pembelajaran kurang bervariasi Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe groupinvestigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup kelas VII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe groupinvestigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup kelas VII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya dan untuk mengetahui respon siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya setelah penerapan model Group Investigation (GI).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen semu (quasiexperimental) dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group pretest dan posttest. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID yang berjumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan metode tes dan metode angket/kuesioner analisis data menggunakan program SPSS version 17.0 forwindowas 7.
Hasil penelitian menunjukkan bahwahasil belajar pesertadidik kelas eksperimen meningkat dari pretes ke postes dengan rata-rata 41,456 menjadi 81,263 dengan kenaikan sebesar 39,591 (39%). Uji hipotesis dengan menggunakan rumus anova satu arah menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe groupinvestigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup kelas VII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya berpengaruh positif terhadap hasil belajar pesertadidik pada kelas eksperimenpada materi ciri-ciri makhluk hidup di kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya. Hal tersebut berdasarkan tabel anovadenganα = 0.05 < Sig. atau 0,000 <0,05. Artinya, Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 23 Sep 2016 09:27
Last Modified: 23 Sep 2016 09:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item