Pengembangan Media Pembelajaran Materi Sistem Gerak Pada Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Darul Amin Palangka Raya

Murjani, Murjani (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Materi Sistem Gerak Pada Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Darul Amin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (MU).pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN (MU).pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA MU).pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN (MU).pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN (MU).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PEMBAHASAN (MU).pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI PENUTUP (MU).pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA khususnya biologi belum sepenuhnya mencapai nilai KKM yang ditentukan terutama pada materi sistem gerak pada manusia yang penyampaiannya memerlukan peran peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Rendahnya nilai peserta didik disebabkan minat belajar mereka masih rendah masih kurangnya minat baca serta motivasi belajar peserta didik, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center), sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, faktor lingkungan juga mempengaruhi hasil belajar mereka. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk melihat perkembangan hasil belajar siswa dengan upaya pengembangan media pembelajaran materi sistem gerak pada manusia terhadap hasil belajar siswa VIIIA di Madrasah Tsanawiyah Darul Amin Palangka Raya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Bagaimana mengembangkan media pembelajaran materi sistem gerak pada manusia terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Amin Palangka Raya.(2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIIIA di Madrasah Tsanawiyah Darul Amin Palangka Raya pada materi sistem gerak pada manusia setelah menggunakan media animasi yang telah dikembangkan. (3) Bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran animasi pada materi sistem gerak pada manusia pada siswa kelas VIII.A. Madrasah Tsanawiyah Darul Amin Palangka Raya.
Penelitian ini mengacu pada pengembangan ADDIE merupakan model pembelajaran yang bersifat umum dan sesuai dengan penelitian pengembangan instruksional dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu metode pre-eksperimen design penelitian dengan desain yaitu one group pretest-postest design.. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VIII. MTs Darul Amin Palangka Raya, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII¬A yang berjumlah 21 orang sebagai penelitian. Data dikumpulkan dengan metode tes dan analisis data menggunakan program Microsoft Office Excel 2007.
Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media dapat digunakan dan hasil Uji peranacang media 80.00%, Uji 2 ahli Materi 95.24% dan Uji responden siswa 87.62%.untuk hasil belajar peserta didik kelas VIIIA meningkat dari pretes ke postes dengan rata-rata 35,60 menjadi 76,35. Sedangkan rata-rata gain 40,75 dan N-gain memiliki rata-rata 0,62. Uji hipotesis dengan menggunakan rumus Uji-t menunjukkan pengembangan media berpengaruh siginifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas VIIIA di MTs Darul Amin Palangka Raya materi sistem gerak pada manusia . Hal tersebut berdasarkan thitung lebih besar dari pada ttabelyaitu: 5,23 >2,093. Artinya, Ha diterima dan Ho ditolak.

English
Based on the observation toward learning outcomes of the students in Natural Science subject, especially in Biology subject, the students cannot achieve the established minimum standard of learning mastery fully in the system of movement in human in which in delivering the materials, it is needed the roles of the students’ activeness in learning process. The poorer of the learning outcomes of the students is caused by the poor interest of the students, lack of reading interest and lack of the motivation of the students, the learning is oriented to teacher-centered, so that the students are not active in learning process. In addition, the factor of environment influences their learning outcomes. Therefore, the efforts of seeing the development of learning outcomes are needed by improving media study in the system of movement in human toward the learning outcomes of the students of Madrasah Tsanawiyah Darul Amin Palangka Raya.
The study is intended to (1) deveiop media education animation in the system of movement in human at Madrasah Tsanawiyah Darul Amin Palangka Raya. (2) describe learning mastery achieved by the studens in the topic of the system of movement in human after the media has been developed at Class VIIIA Madrasah Tsanawiyah Darul Amin Palangka Raya. (3) describe the responses of the students of Class VIIIA MTs Darul Amin Palangka Raya. Towerd the uses if media education.
The study refers to ADDIE’s system matic approach to instructional development and quantitative approach is used. The type of study is quasi experiment one with the design Pre-experiment design. The population of the study are the students of Class VIII of MTs Darul Amin Palangka Raya. The samples of the study are 21 studrnts of Class VIIIA. The data are collected by using test method the data are analiysis by using Microsoft Office Excel 2007.
The results of the study indicated that the development of media can be used and result of test of media desain is 80.00% Test of materials experit is 95.24% and test of the responses of the students 87.62% the learning outcomes of the students develop from pre test to post test; the average score 35,60 becomes 76.35 the average of the gain is 40.75 and the N-gain has the average 0.62 the test of the hypothesis with the formula of t-test indicating the development of the media has a significant influence toward the learning outcomes of the students class in the topic of in the system of movement in human at Class VIII MTs Darul Amin Palangka Raya. The based on the¬calculation ¬which is greater then t¬¬¬table, ¬namely, 5.23˃2.093. this means that Ha is accepted and Ho is rejected

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 01 Sep 2016 03:00
Last Modified: 01 Sep 2016 03:00
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item