Peranan Model Pembelajaran Novick dalam Pemahaman Konsep Kalor Bagi Siswa Kelas VII Semester II MTsN 1 Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014

Muhlisin, Muhlisin (2014) Peranan Model Pembelajaran Novick dalam Pemahaman Konsep Kalor Bagi Siswa Kelas VII Semester II MTsN 1 Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (MH).pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan (MH).pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Tinjauan (MH).pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode (MH).pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil (MH).pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Penutup (MH).pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pemahaman konsep siswa pada materi kalor dalam proses belajar mengajar dengan model pembelajaran Novick, (2) Hasil belajar siswa pada materi kalor dalam proses belajar mengajar dengan model pembelajaran Novick, (3) Respon siswa setelah belajar mengajar dengan model pembelajaran Novick pada materi kalor.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah kelas VII semester II MTsN 1 Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-1 berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pemahaman konsep, tes hasil belajar (THB) dan, angket respon siswa. Hasi uji coba tes pemahaman konsep diperoleh reliabilitas soal 0,53 (kategori cukup) dan tes hasil belajar (THB) diperoleh reliabilitas soal 0,63 (kategori tinggi).
Hasil penelitian diperoleh: (1) Pemahaman konsep siswa pada materi kalor dalam proses belajar mengajar dengan model pembelajaran Novick pada pertemuan I diperoleh peningkatan rata-rata N-gain sebesar 0,56 (kategori sedang), pertemuan II peningkatan rata-rata N-gain sebesar 0,66 (kategori sedang), dan pertemuan III peningkatan rata-rata N-gain sebesar 0,74 (kategori tinggi). Rata-rata peningkatan N-gain pada pertemuan I, II, dan III sebesar 0,65 (kategori sedang). (2) Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu terdapat 22 (55%) siswa tuntas. Secara klasikal dikatakan tidak tuntas karena hasil yang diperoleh sebesar (55%). TPK yang tuntas sebanyak 11 TPK (36,67%) dari 30 TPK. Respon siswa terhadap pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Novick pada umumnya 37 (92,5%) siswa menyatakan senang, 34 (85,0%) siswa merasa baru, dan 36 (90,0%) siswa menyatakan setuju untuk pembelajaran selajutnya menggunakan model pembelajaran Novick.

English
The study is intended to know : (1) The understanding of the concept of heat in teaching-learning process with Novick learning Model, (2) Learning outcomes of the students of the students in the topic of heat with Novick Learning Model, (3) The responses of the students after taught through Novick Model.
The study uses descriptive qualitative research. The populations of the study are the students of class VII of semester II MTsN 1 Model Palangka Raya in academic year 2013-2014. The samples of the study are the student of class VII-I consisting of 40 student. The instruments to be used are the understanding of concept , test of learning outcomes (THB) and the questionnaires of the response of the student. The result of try out test of the understanding of concept, it was obtained reliability of test items 0,53(fair category) and learning outcomes, it is obtained reliability test item 0,63(high category).
The result of the study, it was obtained: (1) the understanding of the concept of heat in teaching-learning process with Novick learning Model in meeting I, it is obtained that the improvement of the N-gain average amounts to 0,56 (fair category), in meeting II, it is obtained that the improvement of the N-gain average amounts to 0,66 (fair category), and in meeting III the improvement of the N-gain average amounts to 0,74 (high category). (2) Learning mastery for the students individually there are 22(55%) students who master the materials, classically, the students do not master the materials because the students only obtain 55%. The successful TPK amounts to 11 TPK (36,67%) out of 30 TPK. (3) the responses of the students after taught Novick learning in general, 37(92,5%) students feel happy, 34(85,0%) students feel new and 36(90,0%) students agree to use Novick learning Model for the future learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:34
Last Modified: 25 Aug 2016 07:34
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item View Item