Syamsiah, Syamsiah (2016) Latar belakang kesulitan belajar anak mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP Banturung Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Skripsi Syamsiah.pdf Download (735kB) | Preview |
Abstract
Proses belajar mengajar terjadi manakala adanya interaksi antara guru dengan muridnya. Dalam interaksi tersebut guru memerankan fungsinya sebagai pengajar sekaligus sebagai pendidik.Sedangkan murid berperan sebagai peserta didik. Oleh karena itu dalam melaksanakan proses pembelajaran diperlukan adanya langkah yang sistematis dalam mengoptimalkan hasil belajar mengajar siswa berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan.
Rumusan masalah adalah Bagaimana latar belakang kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islamsiswa kelas VII di SMP Banturung Palangka Raya? (a) Bagaimana faktor secara internal kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII di SMP Banturung Kota Palangka Raya (b) faktor secara eksternal kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII di SMP Banturung Palangka Raya.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan latar belakang kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII di SMP Banturung Palangka Raya, (a) Untuk mendeskripsikan faktor secara internal kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII di SMP Banturung Palangka Raya. (b) faktor secara eksternal dalam mempengaruhi belajar siswa kelas VII di SMP Banturung Kota Palangka Raya.
Jumlah subjek penelitian ini yaitu 7 orang siswa SMP Banturung, orangtua guru, Kepala Sekolah sebagai informan.. Penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yaitu data Collection, Reduction, Display dan Conclusion.
Dari hasil penelitian diperoleh temuan bahwa: 1). Latar belakang kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam belajar siswa kelas VII SMP banturung adalah sebagai berikut: a) sulit dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. b) kesulitan dalam membaca Al-Qur’an terutama pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) c. Keikut sertaan siswa dalam membantu orangtua dalam bekerja sehingga waktu untuk belajar membaca Al-Qur’an tidak ada. 2). Faktor kesulitan belajar siswa secara internal adalah faktor- yang berasal dari dalam diri individu dan dapat memengaruhi hasil belajar individu. Faktor-faktor internal ini meliputi faktor fisiologis dan psikologisantara lain, a) Kecerdasan/intelegensi siswa, b) Motivasi.
Sedangkan faktor secara eksternal kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII SMP Banturung.orang tua siswa, relasi antara keluarga, suasana rumah, keadaan keluarga, pengertian orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya latar belakang pendidikan dan sosial budaya orang tua. Bisa juga disebabkan antara lain: a) metode mengajar diterapkan guru tidak sesuaisehingga siswa sulit dalam memahami apa yang diajarkan pada saat proses belajar mengajar berlangsung, b) Kurikulum sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar; perubahan perilaku; faktor mempengaruhi belajar; |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 15 Nov 2017 03:18 |
Last Modified: | 15 Nov 2017 03:18 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/885 |
Actions (login required)
View Item |