Tajudin, Nasrullah (2017) Penerapan metode bermain, cerita dan menyanyi (bcm) di Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Al-Ma’rifah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-VI.pdf Download (350kB) | Preview |
Abstract
Salah satu hal penting dalam proses belajar mengajar adalah metode. Itulah sebabnya kita harus memilih metode yang tepat dan efektif untuk penerapan dalam proses belajar mengajar. Metode itu harus sesuai dengan tujuan pembelajaran di Taman Kanak-kanak Al-Ma’rifah. Dalam menggunakan metode, guru harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik. Maka diperlukan metode yang bervariasi sehingga materi dapat tersampaikan dan dipahami dengan baik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode Bermain, Cerita dan Menyanyi di Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Al-Ma’rifah, (2) Apa hambatan dalam menerapkan metode Bermain, Cerita dan Menyanyi di Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Al-Ma’rifah, (3) Apa solusi terhadap hambatan dalam menerapkan metode Bermain, Cerita dan Menyanyi di Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Al-Ma’rifah.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Maksudnya adalah suatu pendekatan agar dapat mengetahui dan menggambarkan secara jelas berdasarkan data dan fakta yang terjadi dilapangan tentang bagaimana penerapan metode Bermain, Cerita dan Menyanyi di Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Al-Ma’rifah. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara (2 guru dan 1 kepala sekolah sebagai informan), observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 1 orang ustadzah. Pengabsahan data menggunakan triangulasi data. Selanjutnya data diolah dan dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Al-Ma’rifah menerapkan metode Bermain, Cerita dan Menyanyi tidak sekaligus dalam satu waktu, tapi hanya salah satunya saja (2) hambatan dalam menerapkan metode Bermain, Cerita dan Menyanyi di Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Al-Ma’rifah yaitu: terbatasnya media, terkadang anak tidak memperhatikan cerita, dan anak-anak yang jarang hadir. (3) solusi terhadap hambatan dalam menerapkan metode Bermain, Cerita dan Menyanyi di Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Al-Ma’rifah yaitu: memaksimalkan media yang ada, contohnya smartphone, buku, atau lingkungan; membuat situasi yang menyenangkan, sehingga anak tertarik dengan pelajaran; Meminta anak untuk mengajak kawannya untuk hadir dikelas; dan mengkomunikasikannya pada orang tua.
ABSTRACT
One of the important thing in teaching learning process is methods. That is way we have to choose the correct and effective method for a playing in teaching learning process. The method must match with the learning goals in Al-Ma’rifah Qur’anic course. When using the methods, the teacher must adjust to the situation and condition of the learners. Hence we need various methods so that material can be delivered and understood well.
The problems in this research are (1) how to use the playing, storytelling and singing methods in Al-Ma’rifah Qur’anic course Palangka Raya. (2) what are the obstacles in applying the playing, storytelling and singing methods in Al-Ma’rifah Qur’anic course Palangka Raya. (3) what are the solutions to the obstacles in applying the playing, storytelling and singing methods in Al-Ma’rifah Qur’anic course Palangka Raya.
The research method in this research is descriptive qualitative method. That is an approach in order to know and describe clearly based on the data and facts that happened in the field about how the use of the playing, storytelling and singing methods in Al-Ma’rifah Qur’anic course. For data collecting, the researcher is using interview techniques (two teachers and a headmaster as the informan), observation and documentation. The subjects of the research is 1 teacher. Data validation is using data triangulation. Then, the data is processed and analyzed using data reduction, data presentation and data verification.
The results of this research show that (1) Al-Ma’rifah Qur’anic course does not apply the playing, storytelling, and singing methods directly at the same time, but just one of them (2) The obstacles in applying the playing, storytelling and singing methods in Al-Ma’rifah Qur’anic course are lack of media, not all of learners pay attention to the stories, and sometimes the learners are absent. (3) The solution to obstacles in applying the playing, storytelling and singing methods in Al-Ma’rifah Qur’anic course, they are: maximizing the current media, for example: smartphone, book or environment; making a fun situation, so the learners interest with the subject; asking the student to tell their friends for attending the class; and communicating with the learnes parents’.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; bermain; cerita; menyanyi; metode BCM |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:06 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 08:06 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/881 |
Actions (login required)
View Item |