Pengelolaan kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Maliku Baru -2 Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau

Nor, Muhammad (2017) Pengelolaan kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Maliku Baru -2 Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari masalah mengenai pengelolaan kelas dalam proses pembelajarandi kelas II SDN Maliku Baru -2, diantaranya ribut saat belajar, bercakap-cakap dengan teman pada saat pelajaran. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas II sekolah dasar tersebut.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.Bagaimana pengelolaan kelas fisik dan non fisik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas II SDN Maliku Baru-2? 2. Bagaimana tindakan guru mengatasi masalah pengelolaan kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islamdi kelas IISDN Maliku Baru-2?

Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan pengelolaan kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islamdi kelas IISDN Maliku Baru-2. 2. Mendeskripsikan tindakan yang dilakukan guru mengatasi masalah pengelolaan kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islamdi kelas IISDN Maliku Baru-2.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.subjek dalam penelitian ini adalahsatu orang guru Pendidikan Agama Islam.Adapun informan dalam penelitian ini yaitu satu orang guru dan empat orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui, 1. observasi, 2. wawancara, dan 3. dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan 1. data reduction, 2. data display, dan 3. conclusions drawing/verification.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. pengelolaan kelas yang bersifat fisik meliputi keadaan ruangan tempat belajar, pengaturan tempat duduk ditata dengan kursi siswa menghadap papan tulis serta kursi dan meja guru menghadap kearah siswa, adapun ventilasi udara dan pengaturan cahaya sudah cukup besar sehingga memungkinkan cahaya matahari dan oksigen masuk . pengelolaan kelas yang bersifat non fisik meliputi tipe kepemimpinan guru otoriter dilain hal juga menggunakan pendekatan demokratis, sikap guru dalam mengatasi peserta didik yang melakukan pelanggaran guru selalu sabar dan memberikan teguran kepada siswa yang kurang memperhatikan. Suara guru dalam pengelolaan kelas sudah maksimal dan terdengar oleh siswa. 2. tindakan guru mengatasi masalah siswa tindakan yang bersifat preventif, yaitu mengulang kembali pelajaran yang lalu. tindakan yang bersifat kuratifya itu mendekati dan menegur.

ABSTRACT

This study was started from the problems of classroom management in teaching and learning at second grade of SDN Maliku Baru -2 such as, the students make a noise, talk to one another. Therefore, the writer is interested in knowing how was the classroom management in Islamic Education Learning at second grade of SDN Maliku Baru -2.

The problems of the study are: 1. How is the classroom management in Islamic Education Learning at second grade of SDN MalikuBaru -2. 2. How is the action is used by the teacher in solving the problems of classroom management Islamic Education Learning at second grade of SDN MalikuBaru -2.

The objectives of the study are: 1. to describe the classroom management of Islamic Education Learning atsecond grade of SDN Maliku Baru -2 2. to describe what action is used by the teacher in solving the problems of classroom managementIslamic Education Learning at second grade of SDN Maliku Baru -2.

The study uses descriptive qualitative approach. The subject of the study is a teacher of Islamic Education Learning. There are some informants such as a teacher and four student. The technique of data collections includes 1. observation, 2. interview, and 3. documentation. The technique of data analysis uses 1. data collection, 2. data display and 3. conclusion drawing.

The result of the study: 1. Physically, the classroom is big enough, the regulation of students’ seat and table face the students, the ventilation and light contrast were big enough that sun light and oxygen could get in the class, non-physically it was overarching the type of otoriter leadership while it also used democracy, the teacher’s behavior in solving the problem is patient and give warning to the student who do not pay attention to the teacher. The voice of the teacher can be heard. 2. The action used by the teacher in solving the problems is The preventif action used by the teacher in solving the problems is repeat the last lesson. The curative action used by the teacher in solving the problems is approaching and warning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan kelas; pembelajaran Pendidikan Agama Islam; tindakan guru
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 14 Nov 2017 03:19
Last Modified: 14 Nov 2017 03:19
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item