Implementasi improving learning dengan metode drill untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pesawat sederhana pada Kelas VIII H di Sekolah MTs N 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017

Asmamuhtar, Lalu (2017) Implementasi improving learning dengan metode drill untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pesawat sederhana pada Kelas VIII H di Sekolah MTs N 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - V.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) Aktivitas guru dalam implementasi improving learning dengan metode drill pada materi pesawat sederhana,(2) Aktivitas siswa dalam implementasi improving learning dengan metode drill pada materi pesawat sederhana,(3) Peningkatan aktivitas siswa dalam implementasi improving learning dengan metode drill pada materi pesawat sederhana,(4)Peningkatan hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah implementasi improving learning dengan metode drill pada materi pesawat sederhana.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model rancangan one group pretest-posttest dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang dipilih adalah kelas VIII H berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Palangka Raya pada bulan September sampai November 2016. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa serta tes hasil belajar siswa. Analisa data di bantu menggunakan program Microsoft excel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai rata – rata aktivitas guru pembelajaran fisika dalam implementasi improving learning dengan metode drill diperoleh nilai 81,82% kategori baik (2) Nilai rata – rata keseluruhan aktivitas siswa saat pembelajaran pada kegiatan pembelajaran berlangsung diperoleh nilai sebesar 78,8% kategori baik (3) Hasil belajar kognitif siswa sebelum mengimplementasikan improving learning dengan metode drill nilainya rata – rata 36,9 dan hasil belajar kognitif siswa setelah mengimplementasikan improving learning dengan metode drill nilainya rata – rata 71,9 dengan nilai rata – rata gain hasil belajar 35,0 dan di peroleh rata – rata nila N-gain hasil belajar adalah 0,56 yang termasuk dalam kategori sedang.

ABSTRACT

This research aims to assess (1) Teacher activities in implementing learning improvement using drilling method on the simple machine subject , (2) Student activities are in implementing learning improvement using drilling method on simple machine subject, (3) The improvement of student activities in implementing learning improvement using drilling method on the simple machine subject, (4) the improvement of cognitive learning outcomes before and after implementing learning improvement drilling method on the simple machine subject.

This research used a quantitative approach, the design model was one group pretest-posttest using purposive sampling, the sample is class VIII H numbered 34 people. The research was conducted in MTsN 2 Palangkaraya in September to November 2016. The instruments used were observation sheet teacher activity, student activity sheets observations and test results of the students' learning. Analysis of the data in the aid using Microsoft Excel program.

The results showed that: (1) The average value of physics teacher activities in implementing learning improvement using drilling method obtained a value of 81.82%, it indicated to good categories (2) The average value of student activities during a lesson on learning activities take place obtained a value of 78.8%, it indicated to good category (3) The average value of cognitive learning student outcomes before implementing learning improvement using drilling method was 36.9 and the average value of cognitive student learning outcomes after implementing learning improvement using drilling method the drill method was 71.9 wit average gain of learning outcomes obtained 35.0 and the average of N-gain learning outcomes was 0,56, it indicated to medium category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Improving learning; metode drill; aktivitas; hasil belajar; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029904 Synchrotrons; Accelerators; Instruments and Techniques
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 07 Nov 2017 07:55
Last Modified: 07 Nov 2017 07:55
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item View Item