Penerapan model pembelajaran generatif terhadap peningkatan hasil belajar dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa di MTs AN- NUR Palangka Raya pada materi bunyi Tahun Ajaran 2016/2017

Fransiska, Junita Kopela (2017) Penerapan model pembelajaran generatif terhadap peningkatan hasil belajar dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa di MTs AN- NUR Palangka Raya pada materi bunyi Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak J.pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Junita.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas guru dan siswa setelah proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran generatif di MTs An-Nur Palangkaraya pada materi bunyi; (2)Motivasi belajar siswa setelah proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran generatif di MTs An-Nur Palangkaraya pada materibunyi; (3) Peningkatan hasil belajar siswa di MTs An-Nur Palangka Raya setelah penerapan model pembelajaran generatif pada materi bunyi; (4) Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran generatifdi MTs An-Nur Palangka Raya pada materi bunyi

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya menggunakan desain Desain Pra-Ekperimental dengan tipe One Group Pretest - Posttest design. Populasi berjumlah 33 orang. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan program Microsoft Excell dan program SPSS for windows Versi16.0.

Hasil penelitian: (1) aktivitas guru pada pembelajaran IPA TERPADU secara keseluruhan dengan model pembelajaran generatif didapat presentase nilai rata-rata sebesar 76,39% dengan kategori baik. Penilaian aktivitas siswa pada pembelajaran IPA TERPADU secara keseluruhan dengan model pembelajaran generatif didapat presentase nilai rata-rata sebesar 72,73% dengan kategori cukup baik; (2) Hasil rata –rata dari motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran generatif secara keseluruhan pada materi bunyi didapat persentase nilai rata-ratanya sebesar 72,03% dengan kategori sedang; (3) Nilai rata-rata hasil pre-test berpikir kritis sebelum menggunakan model pembelajaran generatif sebesar 14,09 sementara nilai rata-rata pos-test berfikir kritis setelah dilaksanakan model pembelajaran generatif sebesar 52,91. Analisis Uji N-Gain didapatkan nilai sebesar 0,45 dengan kategori sedang. Jadi, peningkatan hasil belajar kognitif setelah dilaksanakan model pembelajaran generatif adalah sedang; (4) Nilai rata-rata hasil pre-test hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan model pembelajaran generatif sebesar 17,68 sementara nilai rata-rata pos-test hasil belajar kognitif setelah dilaksanakan pembelajaran model pembelajaran generatif sebesar 60,83. Analisis Uji N-Gain didapatkan nilai sebesar 0,52 dengan kategori sedang jadi peningkatan hasil belajar kognitif setelah dilaksanakan model pembelajaran generatif adalah sedang.

ABSTRACT

This research aims to know :(1) teacher and students' activites after learning process by using generative learning model in MTs An-Nur Palangkaraya on sound concept; (2) students' learning motivations after learning process by using generative learning model in MTs An-Nur Palangkaraya on sound material; (3) the increase of students learning results in MTs An-Nur Palangka Raya after application of genarative learning model on sound material; (4) the increase of students' critical thinking skill by using generative learning model in MTs An-Nur Palangka Raya on sound material;

This research used quantitative approach and the kind of this research is Pra-Ekperimental design with One Group Pretest - Posttest design type. Number of population is 33 students. Research result data is analyzed by using Microsoft Excel program and using SPSS for Windows Version16.0.

Research results: (1) teacher's activities on science integrated learning in totality with generative learning model got percentage of average score about76,39% with good category. Asessment of students activites on science integrated learning in totality with generative learning model got percentage of average score about 72,73% with good enough category; (2) average result of students learning motivation by using generative learning model in totality with sound material got percentage of average score about 72,03% with medium category; (3) average score in pre-test result of critical thinking before using generative learning model is about 14,09 while average score in post- test of critical thinking after doing generative learning model is about 52,91. From the analysis N-Gain test result is gotten score 0,45 with medium score. So, the increase cognitive learning result after doing generative learning program is medium; (4) average score of pre-test result in students' cognitive learning before using generative learning model is 17,68 while average score of cognitive learning result of post-test after doing generative learning model is 60,83. From the analysis N-Gain test result is gotten score 0,52 with medium category, so the increase cognitive learning result after doing generative learning model is medium.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran generatif; keterampilan berpikir kritis; bunyi; motivasi belajar; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0206 Quantum Physics > 020699 Quantum Physics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 07 Nov 2017 04:12
Last Modified: 07 Nov 2017 04:12
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item