Penggunaan media aplikasi Cartoon Story maker dalam pemlebajaran fisika materi kalor untuk mengetahui motivasi belajar fisika siswa Kelas VII SMP GUPPI Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015

Arnawisah, Arnawisah (2016) Penggunaan media aplikasi Cartoon Story maker dalam pemlebajaran fisika materi kalor untuk mengetahui motivasi belajar fisika siswa Kelas VII SMP GUPPI Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak AR.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar dan motivasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran fisika materi kalor dengan menggunakan media Aplikasi Cartoon Story Maker pada kelas VII SMP GUPPI Palangka Raya tahun Ajaran 2014/2015 .

Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif-deskriptif. Penelitian ini menggunakan 14 siswa dari 25 siswa kelas VII SMP GUPPI Palangka Raya tahun ajaran 2014/2015 sebagai sampel penelitian yang dipilih secara purposive sampling, yaitu berdasarkan kategori motivasi terendah. Data awal penelitian ini adalah motivasi awal siswa sebelum penelitian, yaitu skor rata-rata motivasi siswa dalam kategori sedang (50,04). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi (Anecdotal Record), kuesioner motivasi yang telah divalidasi untuk mengetahui tingkat motivasi, dan tes tertulis berbentuk uraian untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media aplikasi Cartoon Story Maker.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar individual yang diperoleh adalah 0% tuntas. Ketuntasan klasikal dan ketuntasan TPK mendapat persentase 100% tidak tuntas KKM. Faktor penyebeb rendahnya hasil belajar siswa adalah validitas instrumen yang tidak diuji coba, kegiatan belajar mengajar yang hanya berfokus pada media aplikasi Cartoon Story Maker tanpa mengkolaborasikannya dengan metode atau strategi pembelajaran yang lebih interaktif, serta perangkat pembelajaran yang kurang sesuai dengan konsep materi kalor. (2) Rata-rata motivasi belajar siswa setelah penelitian adalah 48,92 atau termasuk dalam kategori sedang dengan 7 siswa bermotivasi tinggi dan 18 siswa atau termasuk kedalam siswa bermotivasi sedang. Faktor-faktor yang menyebabkan turunnya motivasi belajar fisika siswa adalah lembar kuesioner motivasi yang kurang mewakili pernyataan tentang penggunaan media aplikasi Cartoon Story Maker, serta penyajian materi yang hanya menggunakan hardfile berupa gambar tanpa menambahkan suara dan tidak ditayangkan.

ABSTRACK

The research was conducted in order to determine how the results of learning and students' motivation after they following the physics studies in the content of heat using a media Cartoon Story Maker app in class VII GUPPI’s Junior High School Palangkaraya in academic year 2014/2015.

This type of research is Quantitative-Descriptive. This research was used 14 student from 25 students of all of class VII GUPPI’s Junior High School Palangkaraya in academic year 2014/2015 as research sample were selected by purposive sampling which is based on the lowest category of motivation. The preliminary data of this research was the primary motivation of students before on average medium with a score of 50.04. Collecting data in this research using observation sheet (Anecdotal Record), motivation questionnaire that has been validated to determine the level of motivation, and a written test description form for collecting data after learning the results of student learning using a media Cartoon Story Maker app.

The results research indicates that: (1) The individual learning results obtained are 0% complete. Classical completeness and TPK completeness was produced of a percentage of 100% is not completely KKM. The causative factor of students poor learning outcomes was validity of the instrument while not conducted trials, teaching and learning activities that focused on media Cartoon Story Maker app without collaborate with other method or strategies was more interactive, and learning tools were less consistent with the concept of the heat content. (2) Averange students' motivation score after the study was 48.92 or including in the medium category with 7 highly motivated students and 18 students in a medium motivations. Average student motivation after the study was 48.92 or included in the medium category with seven highly motivated students and 18 students or including into being motivated students. Factors that cause a decline in motivation to learn physics students are lacking motivation questionnaire represent a statement about the use of a media Cartoon Story Maker app, as well as the presentation of the content that uses only hard file an image without adding noise and not aired.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Cartoon Story Maker; hasil belajar; Motivasi; kalor; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 16 Aug 2017 02:52
Last Modified: 16 Aug 2017 02:52
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item