Zulkifli, Hertami (2016) Perbandingan motivasi dan hasil belajar peserta didik terhadap model discovery learning dan creative problem solving pokok bahasan pesawat sederhana. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Skripsi HE.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) terdapat tidaknya perbedaan signifikan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran menggunakan model Discovery Learning (DL) dan Creative Problem Solving (CPS), (2) terdapat tidaknya perbedaan signifikan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menggunakan model Discovery Learning (DL) dan Creative Problem Solving (CPS), (3) Aktivitas guru dan peserta didik saat pembelajaran menggunakan model Discovery Learning (DL) dan Creative Problem Solving (CPS).
Penelitian ini menggunakan model rancangan The Static Group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif peserta didik, angket motivasi belajar peserta didik, dan lembar pengamatan aktivitas guru dan peserta didik. Hasil uji coba THB didapatkan 18 soal dipakai, dan 16 soal dibuang dengan tingkat reliabilitas 0,794 dengan kategori tinggi. Populasi penelitian adalah kelas VIII semester 1 MTs Darul Amin Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017, sampel penelitian adalah kelas VIIIA berjumlah 27 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data pretest dan posttest menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan anara motivasi belajar peserta didik yang diajar dengan model DL dengan model CPS dengan nilai sig* postest 0,20>0,05 (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik menggunakan model DL dengan model CPS dengan nilai sig* postest 0,65>0,05 (3) aktivitas peserta didik pada pembelajaran fisika secara keseluruhan dengan model DL termasuk dalam kategori kurang dengan persentase nilai rata-rata sebesar 58,27 % dan aktivitas peserta didik pada pembelajaran fisika secara keseluruhan dengan model CPS termasuk dalam kategori kurang sekali dengan persentase nilai rata-rata sebesar 52,31 %. Sementara itu, aktivitas guru pada pembelajaran fisika secara keseluruhan dengan model DL termasuk dalam kategori baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 80,21% dan aktivitas guru pada pembelajaran fisika secara keseluruhan dengan model pembelajaran CPS termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 75 %.
ABSTRAK
This study aims to determine (1) there is a least significant difference in the motivation of learners in learning to use the model of Discovery Learning (DL) and Creative Problem Solving (CPS), (2) there is absence of significant differences in learning outcomes of students at study uses a model of Discovery Learning (DL) and Creative Problem Solving (CPS), (3) Activities of teachers and learners when learning to use the model of Discovery learning (DL) and Creative Problem Solving (CPS).
This study uses a model design The Static Group Pretest-Posttest Design. The instrument used was a test of cognitive learning outcomes of learners, learners' learning motivation questionnaire and observation sheet activities of teachers and learners. The trial results obtained THB 18 questions used, and 16 disposed about the reliability level of 0.794 with the high category. The study population was half of one class VIII MTs Darul Amin Palangkaraya School Year 2016/2017, the study sample was VIIIA class numbered 27 people as an experimental class and VIIIB class numbered 27 as the control class. Pretest and posttest data analysis using SPSS version 17.0 for Windows.
The results showed that: (1) there is no significant difference anara motivation of learners who are taught by a model DL with CPS models with sig * postest 0,20> 0,05 (2) there is no significant difference between the learning outcomes students use a model DL with CPS models with sig * postest 0,65> 0,05 (3) activity of students in the learning of physics as a whole with the model DL included in the poor category with a percentage of the average value of 58,27% and activity learners in the learning of physics as a whole with CPS models included in the category of less than once with a percentage of the average value of 52,31%. Meanwhile, the activities of teachers in the teaching of physics as a whole with the model DL included in both categories with a percentage of the average value of 80,21% and the activity of learning physics teacher at the overall learning model CPS included in the category quite well with the percentage of the mean value average of 75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Creative Problem Solving (CPS); model Discovery Learning (DL); pesawat sederhana; fisika; motivasi belajar |
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 03:25 |
Last Modified: | 15 Aug 2017 03:25 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/732 |
Actions (login required)
View Item |