Aspihani, Aspihani (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan untuk meningkatkan hasil belajar fisika materi pokok tekanan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
BAB I.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak As.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (820kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan materi pokok tekanan, (2) Aktivitas siswa saat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan materi pokok tekanan, (3) Pengelolaan pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan materi pokok tekanan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah semua kelas VIII MTsN-2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016 dan sampel penelitian adalah kelas VIII-E dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar pengamatan aktivitas siswa dan pengelolaan pembelajaran, serta tes hasil belajar siswa sebanyak 36 soal.
Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa secara individu diperoleh 23 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas. Ketuntasan secara klasikal sebesar 76,67% tuntas dan 23,33% tidak tuntas. Ketuntasan TPK diperoleh 26 TPK tuntas dan 7 TPK tidak tuntas, persentase TPK yang berhasil dituntaskan adalah sebesar 78,79% dinyatakan tuntas. Nilai skor rata-rata pre-test 57,78, nilai post-test sebessar 78,05. Nilai gain (20,28), nilai N-gain (0,48) termasuk kategori sedang. Aktivitas siswa yang dominan selama kegiatan belajar mengajar yaitu pada saat siswa bertukar pasangan dan saling menanyakan dan mencari kepastian jawaban mereka dengan persentase rata-rata 12,67%. Pengelolaan pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan menunjukkan hasil yang baik dengan skor rata-rata 2,81 kategori baik, sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan dapat diterapkan dan dikelola dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Materi tekanan; model pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan; pembelajaran kooperatif |
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 14 Aug 2017 01:54 |
Last Modified: | 14 Aug 2017 01:54 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/723 |
Actions (login required)
View Item |