Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan Direct Instruction (DI) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi kalor dan perpindahannya Kelas VII Semester I MTs Muslimat NU Palangka Raya Tahun Ajaran 2015 / 2016.

Farida, Ida (2016) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan Direct Instruction (DI) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi kalor dan perpindahannya Kelas VII Semester I MTs Muslimat NU Palangka Raya Tahun Ajaran 2015 / 2016. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IDA FARIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) Ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara keaktifan belajar siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan keaktifan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada materi kalor dan perpindahannya kelas VII Semester I MTs Muslimat NU Palangka Raya (2) Ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada materi kalor dan perpindahannya kelas VII Semester I MTs Muslimat NU Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Muslimat NU Palangka Raya pada tahun ajaran 2014/2015, dan sampel penelitian adalah siswa kelas VII.A berjumlah 41 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B berjumlah 40 orang sebagai kelas kontrol,yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data menggunakan program SPSS for windows versi 21.0.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara keaktifan siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas eksperimen dengan keaktifan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) di kelas kontrol diperoleh hasil analisis keaktifan siswa dengan rata-rata kelas ekperimen memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) di kelas eksperimen dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) di kelas kontrol pada taraf signifikansi 0,05.

ABSTRACT

The study aims to determine (1) there is absence of a significant difference in student learning outcomes among students taught by Problem Based Learning model compares on students activities taught by Direct instruction on the heat transfer material at VII grade on semester I Mts Muslimat NU Palangka Raya (2) ) there is significant difference the cognitive result of the study among students taught by Problem Based Learning model compared students taught by Direct Instruction on the heat transfer material at VII grade on semester I Mts Muslimat NU Palangka Raya.

The study used a quantitative approach using a type of quasi-experimental research. The population study was class VII Mts Muslimat NU Palangkaraya the 2015/2016 academic year, and the sample was 41 students at VII A as experiment class and 40 students as control class that choosen by purposive sampling. The data analyzing data using SPSS version 2.1 for windows.
The results showed that: (1) there is significance between the students activities taught by Problem Based Learning (PBL) in experiment class and students taught by Direct Instruction in control class found the result that the students activity with average on experiment class have the maximal score compared control class (2) there is no significance between the result of the study taught by Problem Based Learning (PBL) model in experiment class compared the students taught by Direct Instruction model in control class at significance 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL); direct instruction; keaktifan siswa; hasil belajar; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:48
Last Modified: 11 Aug 2017 07:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item