Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi Hukum Archimedes di MTs Miftahul Jannah Palangka Raya

Masrofah, Masrofah (2016) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi Hukum Archimedes di MTs Miftahul Jannah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak MS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas guru dan siswa saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi hukum Archimedes, (2) terdapat tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi hukum Archimedes, (3) terdapat tidaknya peningkatan keterampilan proses sains siswa pada model pembelajaran berbasis masalah pada hukum Archimedes.

Penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pretest Postest Design. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar kognitif dan tes keterampilan proses sainssiswa. Populasi penelitian adalah kelas VIII semester II MTs Miftahul Jannah Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016, sampel penelitian adalah kelas VIII-A berjumlah 21 orang. Analisis data pre-test dan pos-test THB danketerampilan proses sains dibantu program Microsoft Excel 2010.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) aktivitas guru pada pembelajaran fisika dengan model pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 77,68% dan aktivitas siswa pada pembelajaran fisika dengan model pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 68,20%. (2) hasil analisis data hasil belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi hukum Archimedes dapat diketahui rata-rata nilai N-gain hasil belajar siswa sebesar 0,63 dengan kategori sedang. (3) analisis data keterampilan proses sains dengan model pe,nelajaran berbasis masalah pada materi hukum Archimedes dapat diketahui rata-rata nilai N-gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang.

ABSTRACT

This research aimed to determine (1) teachers and students’ activities during the learning using problem based learning model on the Archimedes law topic, (2) there were improvements of students’ learning results in learning with problem based learning model on the Archimedes law topic, (3) there were no improvements of science skill processes using problem based learning on the Archimedes law topic.

This research was designed by One Group Pretest Posttest Design. The instruments used were observation sheet of teacher and students’ activities, cognitive learning results and science skill processes. The research population was the second semester of grade VIII MTs Miftahul Jannah Palangka Raya Academic Year 2015/2016, the research sample was VIII-A numbered 21 people. Data analysis of pre-test and posttest THB and science skill processes used Microsoft Excel 2010 program.

The results showed that: (1) activity on learning physics teacher with problem-based learning model included in both categories with a percentage of the average value of 77.68% and the learning activities of students in physics with problem-based learning model included in the category quite well with percentage of the average value of 68.20%. (2) analysis of student learning results with problem-based learning model on the Archimedes law the average value N-gain of student learning results was 0.63 with category medium. (3) data analysis for science skill process problem based learning model in the Archimedes law the average value of the N-gain was 0.52 with category medium.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar; keterampilan proses sains; hukum Archimedes; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:39
Last Modified: 11 Aug 2017 07:39
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item