Sari, Dian Nita Novita (2016) Perbandingan model siklus belajar 5E dan Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Kelas X Semester I di SMA N 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstract.pdf Download (850kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (721kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan model siklus belajar 5E dan model pembelajaran langsung pokok bahasan gerak lurus kelas X Semester I di SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun ajaran 2015/2016 (2) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran menggunakan model siklus belajar 5E dan model pembelajaran langsung pokok bahasan gerak lurus kelas X Semester I di SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016 (3) Mengetahui proses pengelolaan pembelajaran menggunakan siklus belajar 5E dan model Pembelajaran langsung.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan tes keterampilan berpikir kritis. Populasi penelitian adalah kelas X semester 1 SMA N 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016, sampel penelitian adalah kelas X-10 berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data pre test dan post test tes hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model Siklus Belajar 5E di kelas eksperimen dan siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Langsung di kelas kontrol pada taraf signifikansi 0,05, (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai pre test dan post test sedangkan gain dan N-gain menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil keterampilan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model siklus belajar 5E di kelas eksperimen dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung di kelas kontrol pada taraf signifikansi 0,05, (3) Pengelolaan pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran siklus belajar 5E termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata sebesar 3,54 dan pengelolaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata sebesar 3,65.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model siklus belajar 5E; model pembelajaran langsung; hasil belajar kemampuan berpikir kritis; gerak lurus; fisika |
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 02:30 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 02:30 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/686 |
Actions (login required)
View Item |