Hidayah, Noor (1997) Pengaruh Motivasi mengajar terhadap aktivitas mengajar Guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.
![]() |
Text
229_NOOR HIDAYAHA_NIM_9115011736_1997.pdf Download (11MB) |
Abstract
Motivasi mengajar merupakan salahsatu factor yang menentukan keberhasilan di dalam belajar mengajar. Karena itu setiap guru sudah seharusnya termotivasi dalam dirinya sendiri untuk mengajar. Tidak kecuali bagi guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya, karena dengan motivasi yang tinggi pengembangan aktivitas mengajar guru diharapkan tiggi pula. Oleh karena itu dipandang perlu melakukan penelitian tentang ada tidaknya pengaruh motivasi menjadi guru terhadap aktivitas mengajar guru berlokasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka diajukan rumusan masalah penelitian : bagaimana motivasi mengajar guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya, bagaimana aktivitas mengajar guru dan apakah ada pengaruh motivasi mengajar terhadap aktivitas mengajar guru di Madrasah Tsanawiyah Nengeri Palangkaraya, dengan tujuan untuk mengetahui motivasi mengajar, untuk mengetahui aktivitas mengajar dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara motivasi mengajar terhadap aktivitas mengajar terhadap aktivitas guru pada Madrasah tsanawiyah Negeri Palangkaraya, sehingga di ketengahkan hipotesa pertama : “Motivasi mengajar berpengaruh terhadap aktivitas mengajar guru pada MadrasahTsanawiyah Negeri Palangkaraya”. Dan hipotesa ke dua : “Makin tinggi motivasi mengajar maka semakin tinggi pula aktivitas mengajar guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya”.
Penelitian ini ditujuakan kepada 40 orang guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya, sehingga semua guru tersebut dijadikan populasi. Selanjutnya data di klasifikasikan menjadi data tertulis dan data tidak tertulis yang di gali dengan Teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpul dan di olah denagan tahapan editing, coding dan klasifikasi, tabulating, dan analizing.Untuk mengetahui hubungan du vareabel yang di teliti, data yang di sajikan dalam table korelasi dan diolah dengan masing-masing, hipotesa pertama product moment dan dilanjutkan dengan t hit. Sedangkan hipotesa kedua dengan rumus Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi mengajar berada pada kualifikasi 2,37 dimana masing-masing tinggi 27,5%, sedang 42,5%, dan terendah 30%. Sedangkan hipotesa kedua dengan rumus masing-masing tinggi 57,5%, sedang 30%, dan rendah 12,5% antara motivasi mengajar denagn aktivitas mengajar guru terdapat korelasi pada kualifikasi sedang. Di mana rxy = 0,45 berada di antara 0,40-0,70 pada table interprestasi Product Moment. Dan t hit = 3,11 lebih besar daripada t table, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yang masing-masing 2,20 dan 2,71. Adapun pengaruh motivasi mengajar terhadap aktivitas mengajar guru, Dimana menurut perhitungan a=2,27 dan b =0,21 atau Y =(2,27 +0,21), yang artinya setiap kenaikan 1 satuan x akan mengakibatkan kenaikan 0,21 satuan y. Dengan demikian dapat dinyatakan adanya pengaruh motivasi mengajar terhadap aktivitas mengajar pada Mardasah Tsanawiyah Negeri Palangkarya dan dapat dinyatakan “Semakin tinggi motivasi mengajar maka semakin tinggi pula aktivitas mengajar guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya, sehingga hipotesa I dan II teruji kebenarannya, dan diterima secara meyakinkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh motivasi mengajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sudarmanto sudarmanto sudarmanto |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:17 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:17 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |