Komperatif tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan Al-Quran pada Taman Kanak-Kanak Al-Quran Palangkaraya

Isra, Isra (1997) Komperatif tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan Al-Quran pada Taman Kanak-Kanak Al-Quran Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
217_ ISRA_NIM_9015005413_1997.pdf

Download (14MB)

Abstract

Di Palangkaraya terdapat TKA yang berlokasi di lingkungan Elit dan Kumuh. Dari lingkungan yang berbeda diduga dapat menyebabkan terjadinya perbedaan dalam pencapaian keberhasilan penyelenggaraan pendidikan, sejauhmana kebenaran dugaan tersebut perlu untuk di teliti.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan dan ada tidaknya perbedaan factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan antara TKA di Lingkungan Elit dan Kumuh Palangkaraya.
Hipotesa yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan Al-Quran antara TKA di Lingkungan Elit dan kumuh Palangkaraya. Serta Pendidikan TKA di lingkungan Elit lebih berhasil daripada TKA di Lingkungan kumuh Palangkaraya. Dana ada perbedaan factor factor yang mempengaruhi keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan antara TKA di lingkungan Elit dan Kumuh Palangkaraya.
Sampel penelitian ini terdiri dari 12 Ustadz/Ustadzah, 20 santri dan 28 orang tua santri di TPA lingkungan Elit Palangkaraya. Untuk mengali data penulis menggunakan berbagai tektik yaitu Dokumentasi, observasi, kuesioner, interviu dan test. Setelah data terkumpul, kemudian data disajikan dalam bentuk uraian dan table. Khusus dalam bentuk table dilanjutkan dengan menghitung jawaban responden kemudian di Analisa dengan menggunakan T tes untuk melihat ada tidaknya perbedaan dan T hitung untuk mencari singnifikan.
Dari hasil Analisa kualitatif diketahui bahwa nilai tertinggi yang dimiliki santri TKA di lingkungan Elit Palangkaraya adalah mereka yang berada kategori baik yaitu sebesar 17 orang (60,7%) sedang 7 orang (25 %) kurang 4 orang (14,3%). Sedangkan nilai tertinggi santri TKA di lingkungan kumuh palangkaraya adalah mereka juga yang berada pada kategori baik. Yakni sebesar 10 orang (45,6%) sedang 6 orang (27,2%) dan kurang 6 orang (27,2%). Baik di lingkungan Elit maupun di lingkungan kumuh di Palangkaraya berada pada kategori baik.
Dari hasil Analisa kuantitatif dengan memempergunakan rumus T tes diketahui :
1. Ada perbedaan keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan antara TKA di Lingkungan elit dan kumuh Palangkaraya Dimana nilai T hit 4,01 lebih besar daripada T table 2,01 pada tarap singnifikan 5%.
2. Ada perbedaan faktor-faktor yang bersumber dari santri yang mempengaruhi keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan antara TKA di lingkungan Elit dan kumuh Palangkaraya Dimana nilai T hit 2,69 lebih besar dari T table 2,01 pada tarap singnifikan 5%.
3. Ada perbedaan factor-faktor yang besumber dari Ustadz/Ustadah yang mempengaruhi keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan anatara TKA di lingkungan Elit dan kumuh Palangkaraya Dimana R hit 2,17 lebih besar dari T table 2,06 pada tarap singnifikan 5%.
4. Adaperbedaan faktor-faktor yang bersumber dari orang tua santri yang mempengaruhi keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan anatara TKA di lingkungan Elit dan Kumuh Palangkaraya diana nilai T hit 3,83 lebih besar dari T table 2.06 pada tarap singnifikan 5%.
5. Ada perbedaan faktor-faktor yang bersumber dari fasilitas dan sumber belajar yang mempunyai keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan anatara TKA di lingkungan Elit dan Kumuh Palangkaraya Dimana nilai T hit 3,57 lebih besar dari T table 3,18 pada tarap singnifikan 5%.
Dari hasil perhitungan di atas dapatlah disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan Al-Quran anatara TKA di lingkungan elit dan Kumuh Palangkaraya serta terdapat pula perbedaan factor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan Al-Quran antara TKA di Lingkungan Elit dan Kumuh Palangkaraya dan berdasarkan table- table interprestasi diketahui bahwa penyelenggaraan Pendidikan Al-Quran pada TKA di lingkungan Elit lebih berhasil dari TKA di lingkungan Kumuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: faktor-faktor, keberhasilan, pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:42
Last Modified: 17 Jun 2025 03:42
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5825

Actions (login required)

View Item View Item