Sayuti, Sayuti (1992) Pengaruh Penggunaan Satuan Pelajaran Dalam proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMA NEGERI 3 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palanga Raya.
![]() |
Text
059_SAYUTI_8915005359_1992.pdf Download (14MB) |
Abstract
Meningkatkan kualitas manusia Indonesia seperti yang tertuang dalam GBHN 1988 merupakan tujuan pendidikan Na-sional, salah satu kriteria manusia berkualitas ialah manusia yang cerdas, manusia yang cerdas itu dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berkaitan dengan kecerdasan siswa, kiranya penggunaan Satuan Pelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar dipandang turut mempengaruhinya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang peng-gunaan Satuan Pelajaran dalam kaitannya dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengemukakan permasalahan berbagai hal yang menyangkut penggunaan Satuan Pelajaran dalam hubungannya dengan prestasi belajar siswa, yakni : apakah penggunaan Satuan Pelajaran pendidikan agama Islam dalam proses kegiatan belajar mengajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan sejauh mana pengaruh penggunaan Satuan Pelajaran pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertolak dari anggapan bahwa, prestasi belajar siswa berkaitan dengan penggunaan Satuan Pelajar-an yang merupakan aktivitas guru dalam rangka melaksana-kan kegiatan belajar mengajar. Kemudian dari penelitian ini dirumuskan dua hepotesa yaitu: "Makin baik penggunaan Satuan Pelajaran pendidikan agama Islam dalam proses ke-giatan belajar mengajar makin berpengaruh terhadap pres-tasi belajar siswa". "Makin tinggi aktivitas penggunaan Satuan Pelajaran pendidikan agama Islam dalam proses ke-giatan belajar mengajar, maka makin meningkat prestasi belajar siswa dalam dalam menempuh mata pelajaran pen-didikan agama Islam pada SMA Negeri 3 Palangka Raya.
Populasi penelitian ini sebanyak 231 orang terdiri dari kelas I, II dan III yang beragama Islam. Terhadap dua orang tenaga guru agama Islam disamping diperlakukan sebagai responden juga sebagai informan, yakni orang yang dapat memberikan keterangan serta informasi tentang peng-gunaan Satuan Pelajaran pendidikan agama Islam. Sedangkan terhadap siswa ditetapkan kelas I dan II berjumlah 154. orang dan sampelnya berjumlah 39 orang, sehingga besar sampel 25%.
Data yang digali dalam penelitian ini meliputi data yang menyangkut penggunaan Satuan Pelajaran dengan pres-tasi belajar siswa melalui observasi, wawancara, quistio-ner dan dokumen. Setelah data yang diperlukan terkumpul, kemudian dilakukan pengolahan data serta uji korelasi se-suai jenis data yang bersifat kualitatif. Maka terlihat bahwa penggunaan Satuan Pelajaran mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa.
Data yang diperoleh menunjukan bahwa aktivitas guru agama Islam terhadap penggunaan Satuan Pelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar merupakan suatu kegiatan yang maksimal, sehingga sebahagian besar prestasi yang di-peroleh siswa di atas katagori cukup.
Walaupun demikian penggunaan Satuan Pelajaran dan persiapan guru agama Islam yang kaitannya dengan proses kegiatan belajar mengajar masih perlu peningkatan, sehingga prestasi siswa semakin meningkat dimasa mendatang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar Mengajar; Siswa;Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 09 Feb 2025 03:24 |
Last Modified: | 09 Feb 2025 03:24 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |