Handayani, Nurul (1998) Pengaruh Penerapan Metode Mengajar Guru Terhadap Daya Serap Siswa Dalam Materi Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Pada Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Di Kelurahan Mentawa Baru Hulu Sampit. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
302_NURUL HANDAYANI_9215014388_1998.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penerapan metode mengajar merupakan salah satu hal dilakukan guru dalam mengadakan hubungan dengan yang siswa pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar yang fungsinya untuk mencapai tujuan serta menentukan keberhasilan di dalam belajar mengajar. Untuk itu setiap guru sudah seharusnya memperhatikan penerapan berbagai metode di dalam mengajar, karena dengan penerapan metode mengajar yang baik. diharapkan akan baik pula daya serap siswa. Oleh karena itu, dipandang perlu melakukan penelitian tentang ada tidaknya pengaruh penerapan metode mengajar guru terhadap daya вегар 818wa dalam materi bidang studi IPA pada SLTP di Kelurahan Mentawa Baru Hulu Sampit.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka diajukan rumusan masalah penelitian Bagaimana penerapan metode mengajar guru dalam materi bidang studi IPA pada SLTP di Kelurahan Mentawa Baru Hulu Sampit. bagaimana dava serap siswa dalam materi bidang studi [PA pada SLTP di Kelurahan Mentawa Baru Hulu Sampit, dan apakalı ada pengaruh penerapan metode mengajar guru terhadap daya вегар 818wa dalam materi bidang studi IPA pada SLTP di Kelurahan Mentawa Baru Hulu Sampit. dengan tujuan untuk mengetahui penerapan metode menga.jar guru materi bidang studi IPA. untuk mengetahui daya dalam serap siswa dalam materi bidang studi IPA dan untuk mengetahu ada tidaknya pengaruh penerapan metode menga.jar terhadap dava Ruru serap siswa dalam materi bidang studa IPA pada SLTP di Kelurahan Mentawa Baru Hulu Sampit. Sehingga diketengalıkan hipotesa pertama : metode mengajar Penerapan guru berpengaruh terhadap dava serap 618wa dalam materi bidang studi IPA pada SLTP di Kelurahan Mentawa Baru Hulu Sampit, dan hipotesa kedua: Makin baik penerapan metode mengajar guru, maka semakin baik pula daya serap siswa dalam materi bidang studi IPA pada SLTP di Kelurahan Mentawa Baru Hulu Sampit.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada empat buah SLTP di Kelurahan Mentawa Baru Hulu Sampit tahun ajaran 1997/1998 yang berjumlah 2356 orang. yang terdiri dari kelas 1, 1],111 dan 19 orang bidang studi IPA. Mengingat jumlah populasi guru yang ada cukup besar, maka digunakan teknik Purposive Sampling. yakni dengan cara mengambil siswa kelas II pada empat. buah SLTP di Kelurahan Mentawa Baru Hulu Sampit yang berjumlah 772 siswa dan 7 orang guru bidang studi IPA. Namun ini masih merupakan jumlah yang besar, oleh karena itu ditetapkan 10 % dari populasi siswa kelas II. sehingga berjumlah 77 orang. Maka penelitian ditujukan kepada orang guru bidang studi IPA mengajar di kelas II dan kepada 77 orang siswa ini yang yang duduk di kelas II pada SLTP di Kelurahan Mentawa Baru Hulu Sampit. Selanjutnya data diklasifikasikan menjadi data tertulis dau data tidak tertulis, yang digali dengan Leknik observasi. wawancara. angket dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan. diolah dengan tahapan editing. coding dan klasifikasi. tabulating dan analizing. Untuk mengetahui korelasi variabel yang diteliti. data yang disajikan dalam dua tabel korelasi dan diolah dengan rumus masing-masing. Hipoteва pertama product moment, dan dilanjutkan dengan thit. Sedangkan hipotesa kedua dengan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mengajar guru berada pada rata-rata skoring 2.28 atau kualifikasi sedang. di mana masing-masing tinggi 42.86%, sedang 14.28% dan rendah 42,86 %. Sedangkan daya serap siswa dalam makeri bidang studi IPA berada pada rata-rata skoring 2.29 atau pada kualifikasi sedang di mana tinggi 28.57 %. sedang 57.14 % rendalı 14.29%. Antara penerapan metode mengajar dan guru terhadap daya serap siswa dalam materi bidang studi IPA terdapat korelasi XY yang kuat atau tinggi. Di mana 0.76 berada di antara 0.70 0.90 pada label Interpretasi product moment, dant hit 2.61 lebih besar dari pada t tabel pada taraf signifikan 5%. sedang t hit pada taraf signifikan 1% lebih kecil, yang masing-masing 2.57 dan 4,03. Adapun pengarulı penerapan metode mengajar terhadap daya serap siswa dalam materi bidang studi IPA, di mana menurut perhitungan. a 2.01 dan b 0.12 atau Y (2.010.12), yang artinya setiap kenaikan 1 satuan X akan mengakibatkan kenaikan 0,12 satuan Y. Dengan demikian dapat dinyatakan adanva pengaruh penerapan metode mengajar guru terhadap daya serap siswa dalam materi bidang studi IPA pada SLTP di Kelurahan Mentawa Baru Hulu Sampit, dan dapat dinyatakan "Semakin baik penerapan metode mengajar guru. maka semakin baik pula daya merap 818wa dalam materi bidang sludi IPA pada SLTP di Kelurahan Mentawa Baru Hulu Sampit", sehingga hipotesa 1 dan 11 teruji kebenarannya. dan diterima secara meyakinkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ipa, Metode mengajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 03:49 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 03:49 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5722 |
Actions (login required)
View Item |