Studi Perbandingan Tentang Aktivitas Belajar Siswa SMA Nusantara Palangka Raya Yang Tinggal Bersama Orang Tua Dengan Yang Tinggal Bersama Orang Lain

Mailani, Mailani (1992) Studi Perbandingan Tentang Aktivitas Belajar Siswa SMA Nusantara Palangka Raya Yang Tinggal Bersama Orang Tua Dengan Yang Tinggal Bersama Orang Lain. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
048_MAILANI_8615003845_1992.pdf

Download (11MB)

Abstract

SMA Nusantara Palangka Raya adalah salah satu Lembaga Pendidikan Sekolah yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Nusantara. Pada sekolah tersebut juga terdapat siswa yang bertempat tinggal bersama orang lain. Dari adanya perbeda an latar belakang tempat tinggal siswa, maka akan terjad I perbedaan aktivitas belajar siswa. Untuk menguji se jauhmana terjadi perbedaan aktivitas belajar siswa, maka dilakukan penelitian di SMA Nusantara Palangka Raya dengan Judul: "STUDI PERBANDINGAN TENTANG AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NUSANTARA PALANGKA RAYA YANG TINGGAL BERSAMA ORANG TUA DENGAN YANG TINGGAL BERSAMA ORANG LAIN".

Tujuan penelitian ingin mengetahui sejauhmana adanya perbedaan aktivitas belajar dari sampel yang diperbandingkan, sejauhmana hubungan antara aktivitas belajar dengan pencapaian prestasi belajar siswa di sekolah. Untuk itu dia jukan perumusan hipotesa: "Ada perbedaan aktivitas belajar siswa yang tinggal bersama orang tua dengan yang ting- gal bersama orang lain" dan "Ada hubungan yang positif antara aktivitas belajar dengan keberhasilan belajar siswa di Sekolah".

Dengan dilakukannya penelitian, diharapkan hasil penelitian akan berguna sebagai bahan informas i bagi pengelola SMA Nusantara Palangka Raya dan bahan studi bagi penelitian selanjutnya.

Untuk memecahkan permasalahan, dilakukan pengumpulan data tertulis dan tidak tertulis melalui teknik obseervasi 1, dokumenter, wawncara dan angket. Populasi dalam penelitian berjumlah 396 orang dan yang menjadi sampel adalah 39% dari jumlah populasi (92 orang siswa), ketua Yayasan Pendidikan Nusantara, Kepala Sekolah dan Tata Usaha sebagai informan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan aktivitas belajar siswa, dimana aktivitas belajar siswa berada Pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 2, lebih banyak dilakukan oleh siswa yang tinggal bersama orang tua yaitu 93,48% dibandingkan dengan siswa yang tinggal bersama orang lain yaitu 78,26 % atau dengan perbandingan 93, 48 78,26. Tidak ada hubungan yang positif antara aktivitas belajar dengan pencapaian indeks prestasi siswa di Sekolah, dimana dari hasil perhitungan Chi Kwadrad diper- oleh nilai 1,571, sedangkan pada tabel nilai-nilai Chi Kwadrad dengan df 1 berada pada nilai sebesar 3,841 pada taraf kepercayaan 5%. Dengan demikian nilai per- hitungan dari Chi Kwadrad lebih kecil dari nilai-nilai Chi kwadrad (1,571 ditolak. 3,841), jadi hipotesa yang diajukan dan ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Belajar; Aktivitas; Prestasi Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 16 Jan 2025 02:48
Last Modified: 16 Jan 2025 02:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5714

Actions (login required)

View Item View Item