Kasdani, Kasdani (1992) Fungsi Televisi Sebagai Media Pendidikan Untik Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMAN-2 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
046_KASDANI_8615003862_1992.pdf Download (9MB) |
Abstract
Nampaknya mutu pendidikan banyak tergantung pada pengajar dalam membimbing prose belajar mengajar, oleh karenanya pengajar dituntut kompentensinya. Salah satunya kompentensi dimaksud adalah menguasai media pendidikan guna menunjang proses belajar mengajar.
Sehubungan dengan itu maka media pendidikan adalah salah satu bagian integral dari proses pendidikan disekolah dan karenanya menjadi satu bidang pengetahuan yang harus dikuasai oleh setiap pengajar.
Oleh sebab itu dalam penelitian ini berupaya mengetahui apakah Televisi sebagai media pendidikan untuk berfungsi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan adakah perbedaan nilai raport anak yang sering mengikuti Televisi dalam pembinaan Bahasa Indonesia dan anak kadang-kadang pada SMAN-2 Palangkaraya tahun ajaran 1991/ 1992.
Dalam mempelajari masalah diatas, maka diteliti se- banyak 82 orang siswa yaitu 15% dari 547 orang siswa pada SMAN-2 Palangkaraya tahun ajaran 1991/1992.
Data dikumpulkan dengan menggunakan tehnik: observasi, wawancara, angket dan dokumentasi serta ditunjang dengan data yang diperoleh dari Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Untuk menunjukkan apakah Televisi sebagai media pen- didikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, diuji dengan rumus presentase anak yang sering nonton Televisi dengan anak yang kadang-kadang nonton Televisi di rumah dengan hasil bahwa anak yang sering nonton Televisi nilai raportnya lebih baik dibanding dengan anak yang kadang nonton Televisi diuji dengan rumus : kadang- uji t tes
Dengan hasil ada perbedaan nilai yang signifikan antara siswa yang sering nonton Televisi dan yang kadang-kadang. Dengan demikian maka diharapkan kepada sekolah dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMAN-2 Palangkaraya untuk lebih meningkatkan upaya Kepala pada memberikan motivasi kepada siswa agar selalu meningkatkan belajarnya baik di sekolah maupun di rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Bahasa Indonesia; Prestasi Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 02:21 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 02:21 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5712 |
Actions (login required)
View Item |