Maisarah, Maisarah (1998) Studi Tentang Pelaksanaan Pendidikan Anak Dikalangan Ibu-Ibu Pedagang Kaki Lima Suku Madura Pasar Bukit Raya Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
280_MAISARAH_9215014355_1998.pdf Download (6MB) |
Abstract
Sampai sekarang penelitian tentang pendidikan anak tak pernah ada habisnya, ada yang menjadikan obyek penelitiannya anak itu sendiri dan ada yang menjadikan obyek penelitiannya orang tua selaku pendidik pertama dalam lingkungan keluarga. Demikian juga halnya dalam penelitian ini yang dijadikan obyek penelitian ibu-ibu suku Madura yang pekerjaannya sebagai pedagang kaki lima yang di pasar Bukit Raya.
Di pasar Bukit Raya Palangkaraya terdapat banyak para pedagang dengan berbagai macam barang dagangan yang diperdagangkan, diantara pedagang-pedagang itu adalah ibu-ibu suku Madura yang bekerja untuk menambah penghasilan keluarga. dan karena sebagian besar dari mereka mempunyai anak, sehingga mereka berkewajiban untuk mendidik anak-anak mereka baik melalui pendidikan formal maupun non formal. Namun apakah mereka dapat memberikan pendidikan dengan baik dan benar, inilah beberapa hal yang menjadi latar belakang peneliti mengangkat judul "STUDI TENTANG PELAKSANAAN PENDIDIKAN ANAK DI KALANGAN IBU-IBU PEDAGANG KAKI LIMA SUKU MADURA PASAR BUKIT RAYA PALANGKARAYA".
Permasalahan dasar yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan anak ibu-ibu pedagang kaki lima suku Madura di pasar Bukit Raya Palangkaraya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pelaksanaan pendidikan anak di kalangan ibu-ibu pedagang kaki lima suku Madura di pasar Bukit Raya Palangkaraya.
Setelah mengadakan penelitian di lapangan, dapat diperoleh hasil penelitian bahwa pelaksanaan pendidikan anak di kalangan ibu-ibu pedagang kaki lima suku Madura pasar Bukit Raya Palangkaraya adalah sebagai berikut:
Ibu-ibu pedagang kaki lima suku Madura yang mempunyai latar belakang pendidikan yang sangat minim menginginkan yang terbaik bagi pendidikan anaknya. Mereka mempunyai tugas ganda dalam tanggung jawab mendidik anak-anaknya di satu sisi mereka dituntut untuk memberikan pendidikan di lingkungan keluarga sedang disisi lain mereka dituntut untuk memberikan pendidikan formal bagi anak- anak mereka, agar anak mampu menghadapi ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman yang menjadi motor penggeraknya modernisasi dewasa ini.
Dengan usahanya sebagai pedagang kaki lima, ibu-ibu berusaha memberikan yang terbaik bagi pendidikan anak-anak mereka. Mereka berkeinginan agar anak- anak mereka sekolah lebih tinggi menurut kemampuan yang dimiliki dan biaya yang mencukupi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan anak, pendidikan formal, pendidikan non formal |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 07:47 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 07:47 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5695 |
Actions (login required)
View Item |