Galuri, Galuri (1998) Pengaruh Penerapan Teknik Reinforcement Terhadap Peningkatan Minat Belajar Anak Dalam Proses Belajar Mengajar Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangkaraya.
Text
263_GALURI_9115114468_1998.pdf Download (3MB) |
Abstract
Mengajar dengan menggunakan teknik akan mempermudah pencapaian tujuan pengajaran. Salah satu teknik mengajar itu adalah dengan memberikan reinforcement dengan tepat. Reinforcement yang diberikan akan dapat menimbulkan minat belajar siswa. Jika minat sudah timbul, maka kegiatan belajar mengajar akan mudah terlaksana untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Sehubungan dengan hal di atas, maka penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan teknik reinforcement dalam proses belajar mengajar, bagaimana minat belajar siswanya dan apakah ada hubungan penerapan teknik reinforcement dengan peningkatan minat belajar siswa serta ada pengaruh penerapan teknik reinforcement apakah terhadap peningkatan minat belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Palangka Raya. Sedangkan hipotesa yang diajukan adalah ada hubungan penorapan teknik reinforcement dengan meningkatkan minat belajar anak dalam proses belajar mengajar dan ada pengaruh penerapan teknik reinforcement terhadap peningkatan minat belajar siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Palangka Raya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk penerapan teknik reinforcement dalam prosen mengetahui belajar mengajar, bagaimana minat belajar siswa, apakah hubungan penerapan teknik reinforcement dengan belajar siswa, apakah ada pengarah penerapan ada minat teknik reinforcement terhadap peningkatan minat belajar siswa dan untuk mengetahui apakah samakin baik penerapan teknik reinforcement maka semakin tinggi minat belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Palangka Raya.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Madrash Ibtidaiyah Negeri Palangkaraya dari kelas I sampai kelas IV berjumlah 700 siswa yang kemudian diambil 10 dijadikan sampel berjumlah 70 siswa. Selanjutnya ditentukan kelas IV, V dan VI dengan masing-masing tingkatan menggunakan teknik purposive sampling dou untuk menentukan sampel dari masing-masing tingkatan mengstimolan teknik Stratified random compling (acak Sedangkan guru dijadikan sebagai informent.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuisioner, dokumentasi dan wawancara.
Dalam uji hipotesa pertama digunakan rumus Poduct Moment dan untuk mengetahui signifikannya digunakan rumus t-hit. Selanjutnya harga L-hitung dikonsultasikan dengan t-tabel dengan terlebih dahulu mencari df N-2.
Dari hasil perhitungan, maka diperoleh ilai "r" -0,058. Menurut Anas Sudijono, dibawah 0,00-0,20 menunjukkan tidak adanya korelasi. Kemudian nilai r dikonsultasikan dengan mencari nilai df lebih dahulu yaitu df 70-268, maka diperoleh pada taraf 5% 0,232 dan Laraf 10,302, ternyata nilai r 0,058 lebih kecil dari nilai harga r pada signifikan 5% maupun 1%. Hal ini dapat dinyatakan bahwa Ho diterima dan Ha Interprestasi melalui uji t-hit sebesar ditolak. -0,48 dikonsultasikan dengan L-tabel yang terlebih dahulu mencari nilai df yaitu diperoleh df 68. didapat pada taraf signifikan 5% 2,00 dan taraf 12,65. Ternyata t-tabel lebih besar dari t-hitung. Hal ini dinyatakan. tidak terdapat korelasi yang positif antara variabel X dengan variabel Y.
Hasil ini berarti bahwa tidak ada hubungan yang positif antara penerapan teknik reinforcement dengan minat belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Palangkaraya.
Kemudian untuk menguji hipotesa kedua, digunakan rumus Regresi Linier, diperoleh a 2,63 dan -0.04. Dari persamaan ini dapat diperkirakan perubahan Y apabila X diketahui persamaannya. Persamaannya adalah Ya bx. sehingga jika Y 0, maka tidak potong dengan sumbu X pada tidak (65,750) dan jika X 0. maka titik potong dengan sumbu X pada titik (0: 2.63).
Hal ini menunjukkan pengaruhnya kecil sekali alau semakin sering reinforcement diberikan maka semakin renah minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 07:15 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 07:15 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5672 |
Actions (login required)
View Item |