Studi Tentang Pola Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Anak Dalam Keluarga Nelayan Di Desa Kiapak Pesisir Laut Jawa Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Kapuas

Darmawati, Darmawati (1998) Studi Tentang Pola Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Anak Dalam Keluarga Nelayan Di Desa Kiapak Pesisir Laut Jawa Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Kapuas. Undergraduate thesis, IAIN Palangkaraya.

[img] Text
261_DARMAWATI_9215014324_1998.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama dan utama bagi pertumbuhan dan perkembangan diri setiap anak. Setiap anak banyak menghabiskan waktu bersama keluarganya. Segala tingkah laku orang tua serta perbuatan yang dikenakan kepada anak akan mempengaruhi tingkah laku anak sehari-hari, hal ini merupakan sesuatu yang wajar, karena salah satu sifat anak adalah suka meniru. Setiap keluarga mempunyai pola pendidikan sendiri-sendiri. Walaupun dalam pengertian yang sederhana yaitu cara yang diterapkan orang tua dalam mendidik anak-anaknya.

Sehubungan dengan hal tersebut penulis melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pola pelaksanaan pendidikan agama Islam anak dalam keluarga nelayan dengan melakukan penelitian di Desa Kiapak Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Kapuas. Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi kepentingan kemanusiaan dan bermanfaat bagi pihak-pihak yang berminat untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Untuk melihat pola pelaksanaan pendidikan agama Islam anak dalam keluarga nelayan, maka dirumuskan permasalahan yaitu "Bagaimana pola pelaksanaan pendidikan agama Islam anak dalam keluarga nelayan di Desa Kiapak Pesisir Laut Jawa Kecamatan Kahayan, Kuala Kabupaten Kapuas".
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 73 orang KK. Dari populasi tersebut diambil 50% sebanyak 37 orang KK sebagai sampel. Untuk mengambil sampel ini menggunakan random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, wawancara dan kuesioner.

Permasalahan ini dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan distribusi frekuensi sederhana melalui jumlah angka rata-rata skoring. Diketahui bahwa jumlah responden Kepala Keluarga nelayan yang menggunakan pola pelaksanaan pendidikan agama Islam anak katagori nilai tinggi sebanyak 9 orang (24,32%), katagori nilai cukup 19 orang (51,35%) dan katagori nilai rendah sebanyak 9 orang (24,32) %. Setelah dihubungkan dengan ditribusi frekuensi termasuk katagori cukup dengan hasil rata-rata 1,91.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan PAI, Keluarga Nelayan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 03 Jan 2025 06:40
Last Modified: 03 Jan 2025 06:40
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5670

Actions (login required)

View Item View Item