Mulyani, Sri (2016) Penanaman nilai agama dan moral melalui doa dan shalat dengan metode demonstrasi di RA Darussa’adah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak Sri M.pdf Download (883kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-V.pdf Download (906kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Penanaman nilai agama dan moral melalui doa dan shalat seorang guru perlu memilih metode yang tepat dalam penanaman nilai agama dan moral anak pada usia 4-5 tahun sesuai dengan kompetensi inti mengenai kegiatan beribadah sehari-hari, serta kompetensi dasar mengucapkan doa-doa pendek dan melakukan ibadah secara bersama-sama maupun individu dengan menggunakan metode demonstrasi apa yang tidak bisa di jelaskan dengan kata-kata dapat dipecahkan. Guru dapat memfungsikan seluruh indera anak, karena proses belajar mengajar yang efektif adalah apabila guru mampu memfungsikan seluruh panca indera anak, karena anak dapat lebih fokus, terarah dan pengalaman atau kesan dari pembelajaran lebih melekat dalam diri anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana penanaman nilai agama dan moral melalui pengucapan doa dengan metode demonstrasi di RA Darussa’adah Palangka Raya. 2). Bagaimana penanaman nilai agama dan moral melalui kegiatan shalat dengan metode demonstrasi di RA Darussa’adah Palangka Raya. 3). Apakah efektif di gunakan dalam mengucapkan doa dan kegiatan shalat dengan metode demonstrasi di RA Darussa’adah Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 2 (dua) orang guru yang mengajar dan 18 (delapan belas) anak kelas A-1 RA Darussa’adah Palangka Raya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian data dianalisis yakni melalui langkah-langkah pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1). Berdasarkan wawancara dengan observasi penulis dalam setiap minggu telah mengalami perubahan yang pesat, anak berdoa bersama-sama dan dibimbing oleh guru, anak dapat duduk dengan rapi dan tertib dalam belajar mengajar pengucapan doa. Dengan meningkatkan ketakwaan kepada Allah dan rasa syukur atas kaurnia yang Allah berikan, dimana dalam penanaman moral ketika kegiatan doa peserta didik dapat mendengarkan, mengucapkan doa dengan baik, serta tidak asik bermain-main dan menggangu teman yang lain dan mengangkat kedua tangannya. 2). Karena kegiatan shalat dengan metode demonstrasi di RA Darussa’adah Palangka Raya, meningkatkan konsentrasi anak-anak terhadap suatu objek yang sedang diperhatikannya dan dapat memperagakan kegiatan shalat. Penanaman nilai agama dan moral melalui kegiatan shalat dengan metode demonstrasi ini anak dapat meningkatkan ketakwaannya kepada Allah dan menjauhi yang dilarang oleh Allah, serta anak dapat terampil dan cakap dalam melaksanakan kegiatan shalat. 3). Sudah terlihat efektif, penanaman nilai agama dan moral melalui doa dan shalat dengan metode demonstrasi karena dengan metode demonstarsi anak langsung terlibat dalam belajar mengajar, serta langsung memperagakan doa dan shalat secara perlahan-lahan. Kata Kunci : Nilai Agama, Moral dan Metode Demonstrasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai agama; moral; sholat; doa; metode demonstrasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 03:28 |
Last Modified: | 09 Jun 2017 03:28 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/567 |
Actions (login required)
View Item |