Rois, Moh. (1990) Pengaruh Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Agama Pada MAN Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
021_MOH. ROIS_8715023917_1990.pdf Download (14MB) |
Abstract
Meningkatkan kualitas manusia Indonesia, seperti yang tercantum dalam GBHN 1988 merupakan tujuan pendidikan Nasional. Salah satu kreteria manusia berkualitas, yaitu manusia yang cerdas. Manusia yang cerdas itu dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Dalam kaitannya dengan kecerdasan siswa, kiranya perpustakaan sekolah dipandang turut mempengaruhi. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang perpustakaan dalam kaitanya dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengemukakan permasalahan berbagai hal yang menyangkut perpustakaan dalam hubunganya dengan prestasi belajar siswa. Ferpustakaan yang dimaksudkan di- sini meliputi: sejauhmana kunjungan siswa ke perpustakaan, penyediaan buku-buku perpustakaan, jumlah buku yang dipin- jam siswa serta minat baca siswa terhadap buku perpustakaan.
Penelitian ini bertolak dari anggapan bahwa, prestasi belajar siswa berkaitan dengan perpustakaan, yang merupa kan sumber ilmu pengetahuan. Kemudian dari penelitian ini di rumuskan tiga hipotesa, yaitu: "Ada hubungan antara jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan dengan prestasi belajar". "Ada hubungan antara jumlah buku yang dipinjam siswa dengan prestasi belajar". "Ada hubungan antara minat baca siswa dengan prestasi belajar.
Populasi penelitian ini sebanyak 64 orang yang terdiri kelas II dan III jurusan agama. Terhadap tenaga pengelola perpustakaan diberlakukan sebagai informan, yakni orang yang dapat memberikan informasi tentang perpustakaan. Sedangkan terhadap siswa, ditetapkan kelas III yang jumlah nya 30 orang sebagai sampel, sehingga besar sampel 47% Data yang digali dalam penelitian ini meliputi data data yang menyangkut perpustakaan dengan prestasi belajar melalui observasi, wawancara, dokumen dan quesioner.
Setelah data yang diperlukan terkumpul, kemudian dilakukan pengolahan data serta uji korelasi sesuai dengan jenis data yang bersifat kuantitatif. Maka terlihat bahwa antara jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan, jumlah buku yang dipinjam siswa serta minat baca siswa terdapat hubungan yang positif terhadap prestasi belajar.
Data yang diperoleh menunjukan bahwa aktivitas siswa terhadap perpustakaan,sebagian besar belum merupakan suatu kegiatan yang maksimal, sehingga sebagian besar prestasi yang diperoleh siswa di bawah katagori baik.
Dengan demikian perlu peningkatan pengelolaan perpustakaan, baik mengenai petugas pengelola perpustakaan maupun jumlah buku, sehingga minat siswa terhadap perpustakaan makin meningkat dimasa-masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Siswa MAN; Pengelolaan Perpustakaan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Perpustakaan dan Museum Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 23:26 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 01:43 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5644 |
Actions (login required)
View Item |